PERBEDAAN DURASI PARKIR MOBIL BERDASARKAN GENDER PENGEMUDI

Javier - Christopher(1*), Moses - Setiady(2), Nicolas - Amor(3), Jason - Sastrakusuma(4), Rudy - Setiawan(5), Bryan - Widarno(6),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) m21416074@john.petra.ac.id
(5) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(6) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Manuver parkir dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, baik eksternal maupun internal. Faktor tersebut berpotensi untuk memengaruhi pengemudi dalam melakukan manuver parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengemudi sebagai faktor internal yang dapat memengaruhi durasi parkir pengemudi. Metode statistik yang digunakan untuk mengetahui perbedaan tersebut adalah Mann-Whitney U – Test. Pengujian tersebut menghasilkan data yang menunjukkan relevansi karakteristik tertentu pada setiap pengemudi, terhadap durasi parkir yang dibutuhkan oleh setiap pengemudi, serta alasan-alasan yang mungkin terhubung sebagai faktor tambahan

Keywords


karakteristik pengemudi, durasi parkir, manuver parkir

Full Text:

PDF

References


Abubakar, I. Et al (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta, Indonesia.

Dirjen Perhubungan Darat. (1996). “Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir.” Jurnal Fondasi, 1(1), 0–3.

Ismanto, A. (2015). “Sistem Parkir.” Jurnal UNDIP, 1(1), 4–27


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :