APLIKASI ASPAL EMULSI DAN FLY ASH PADA TANAH EKSPANSIF

Daniel - Lewa(1*), Reynaldi - Sedjie(2), Daniel - Tjandra(3), Johanes - Suwono(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari bahan stabilisasi yang dicampur pada tanah ekspansif. Tanah ekspansif memiliki sifat kembang susut yang besar sehingga perlu melakukan stabilisasi tanah. Stabilisasi dilakukan dengan menggunakan bahan yang terdiri dari aspal emulsi dan fly ash. Pengujian yang dilakukan meliputi karakteristik tanah asli, potensi pengembangan, CBR soaked, CBR unsoaked, dan UCT. Hasil penelitian khususnya pada pengujian CBR dan UCT, menunjukkan adanya penurunan kekuatan seiring dengan penambahan persentase aspal emulsi dan fly ash pada campuran tanah. Untuk kombinasi bahan stabilisasi yang digunakan fly ash 5% dan aspal emulsi terdiri dari 3%, 4%, 5%, 6%. Penurunan kekuatan dapat dilihat salah satunya dari hasil dari CBR unsoaked seiring penambahan variabel fly ash dan aspal emulsi adalah 3,58%, 2,19%, 2,11%, 2,04% dan 1,92%. Penurunan kekuatan juga terjadi pada hasil pengujian CBR soaked dan hasil pengujian UCT.

Keywords


tanah ekspansif, aspal emulsi, fly ash, stabilisasi

Full Text:

PDF

References


Bunga, E., Pallu, H., Selintung, M., & Thaha, M. (2011). Stabilization of Sandy Clay Loam with Emulsified Ashpalt. International Journal of Civil & Environmental Engineering, 11(5), 52-62.

Chakraborty, J., & Banerjee, S. (2016). Replacement of Cement by Fly Ash in Concrete. International Journal of Civil Engineering, 3(8), 40-42.

Hasan, U., Chegenizadeh, A., Budiharjo, M. A., & Nikraz, H. (2015). A Review of The Stabilization Techniques on Expansive Soils. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9(7), 541-548.

Zumrawi, M. M., & Awad, M. (2017). Effect of Bitumen and Fly Ash on Expansive Soil Properties. Journal of Scientific and Engineering Research, 4(9), 228-237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :