EFEK DINDING BATA PENGISI TERHADAP KINERJA SEISMIK RUMAH SEDERHANA

David Immanuel Santoso(1*), Jonathan Susanto(2), Pamuda Pudjisuryadi(3), Benjamin Lumantarna(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada dunia konstruksi, seringkali dinding bata pengisi hanya dianggap sebagai beban, namun pada kenyataannya memiliki kekakuan dan kekuatan yang dapat menahan beban lateral. Sebagai komponen struktur, dinding bata pengisi mempunyai kekuatan pada bidangnya atau in-plane (IP) maupun tegak lurus bidangnya atau out-of-plane (OOP). Dalam analisis nonlinear time history, tantangan yang dihadapi adalah membuang dinding bata yang mengalami kerusakan. Pada penelitian ini, difokuskan untuk meneliti permodelan dinding pada fase pasca elastis dengan menggunakan fitur element removal yang diimplementasikan pada program OpenSees. Penelitian dilakukan pada struktur rumah sederhana dengan beban gempa yang dianalisis menggunakan time history nonlinear direct integration. Perbandingan antara struktur tanpa dinding atau bare frame dan struktur dengan dinding bata pengisi atau infill frame, dilakukan untuk mengetahui pengaruh dinding bata pengisi terhadap kinerja seismik struktur rumah sederhana. Kedua struktur bangunan diberi beban gempa, dua arah (sejajar dan tegak lurus dinding). Hasil dari penelitian ini, momen yang terjadi pada balok dan kolom struktur infill frame, cenderung lebih kecil dibandingkan struktur bare frame. Selisih momen maksimum antara kedua struktur, yang terjadi pada setiap balok dan kolom saat dinding belum hancur, rata-rata 24.5%. Hal ini menyebabkan balok dan kolom struktur infill frame memiliki waktu gagal yang lebih lama dibandingkan struktur bare frame.

Keywords


dinding bata pengisi, fase pasca elastis, element removal

Full Text:

PDF

References


Badan Standardisasi Nasional. (2012). Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung. Jakarta, Indonesia.

Canserin, J. and Prasetyo, W. A. (2018). Efek Pondasi Friction Based Terhadap Kinerja Seismik Rumah Sederhana dengan Dinding Bata Pengisi. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Federal Emergency Management Agency (FEMA) 356. (2000). Prestandard and Commentary for The Seismic Rehabilitation of Buildings. Washington, D.C.

Gunay, M. S., & Mosalam, K. M. (2010). Infill Wall Model and Element Removal. Berkeley: University of California.

Kadysiewski, S. and Mosalam, K. M. (2009). Modeling of Unreinforced Masonry Infill Walls Considering In-Plane and Out-of-Plane Interaction. University of California, Berkeley.

Pangestu, S. A. and Polles, L. J. (2019). Efek Element Removal terhadap Kinerja Seismik Rumah Sederhana dengan Dinding Bata Pengisi. Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :