EVALUASI BIAYA PROYEK PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI PABRIK X

Jemmy Christian Tanian(1*), Benny Gondo Suwito(2), Sentosa Limanto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam melakukan evaluasi biaya suatu proyek, perlu dilakukan estimasi yang baik agar evaluasi dapat dilakukan dengan baik dan efisien. Pembangunan suatu proyek perlu direncanakan biaya pembangunannya. Dalam membuat rencana angaran biaya, diperlukan pengelompokkan data pekerjaan dan perhitungan rencana anggaran biaya harus benar-benar teliti dan diharapkan biaya tersebut sesuai dengan biaya proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perhitungan anggaran biaya berdasarkan SNI 2008 dan HSPK Semarang 2017 pada pabrik X, mengetahui harga per m2 pekerjaan pabrik X dan menghitung persentase bobot tertinggi pekerjaan pabrik X.
Hasil dari perhitungan didapatkan melalui pengolahan data dengan menggunakan aplikasi spreadsheet. Data yang didapatkan berupa gambar dan anggaran biaya yang sudah dihitung oleh kontraktor, kemudian penulis menghitung volume pekerjaan berdasarkan gambar tersebut dan anggaran biayanya menurut SNI 2008 dan HSPK Semarang 2017. Kemudian didapat persentase komponen anggaran biaya dan perbedaan anggaran biaya menurut SNI 2008 dan HSPK Semarang 2017


Keywords


evaluasi biaya, rencana anggaran biaya, biaya proyek, spreadsheet

Full Text:

PDF

References


Davison, B., Owens, W.G. (2003). Steel Designers Manual (6th ed.). Blackwell Science:Malden Ervianto, W.I. (2007). Cara Tepat Menghitung Biaya Bangunan (1st ed.). ANDI:Yogyakarta, Indonesia.

Gunardja, J., Candra, L.N., Limanto, S (2018).Perbandingan Perhitungan Biaya Pekerjaan Konstruksi Antara SNI, HSPK Kota Surabaya, dan Kontraktor Pada Proyek Rumah Tinggal Dua Lantai di Surabaya.

Imaduddin., Hidayat. A., Wijanarko. T. (2013). Sistem Perhitungan Estimasi Biaya Konstruksi Bangunan (Studi Kasus Di Cv Cipta Sarana).

Kohli. D.D., Kohli. R.C. (2012). A Text Book Of Estimating And Costing (Civil). RAM NAGAR: New Delhi

McCormac. C. J., Csernak. F. S.(2011). Structural Steel Design (5th ed.). Prentice Hall:U.S.

Nurtzani. Auzan, R., Septiadi. Rizky. Daniar., Surhayanto., Kistiani. F. (2017). Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value).

S, Soedradjat,A.(1984). Analisa (Cara Modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan. NOVA:Bandung

Indonesia (2014) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :