OPTIMASI DESAIN IMPELLER KOMPRESSOR PADA TURBOCHARGER TD04-12T UNTUK MESIN MITSUBISHI 4M40
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Bahan bakar minyak merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan banyak
digunakan sektor otomotif. Sektor otomotif pengguna bahan bakar minyak adalah internal
combustion engine seperti yang digunakan di mobil. Untuk meningkatkan efisiensi pembakaran
internal combustion engine, efisiensi volumetris perlu ditingkatkan dengan menaikkan tekanan
udara masuk menggunakan turbocharger. Bagian dari turbocharger yang menaikkan tekanan
udara masuk adalah kompressor yang desainnya sangat mempengaruhi kenaikan tekanan udara.
Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan simulasi computational fluid dynamic, yaitu
sekumpulan metodologi yang menggunakan komputer untuk melakukan simulasi aliran fluida
dengan memecahkan persamaan Navier-Stokes secara numerik. Sedangkan analisa data yang
dilakukan adalah analisa terhadap pola aliran udara dan kenaikan tekanan udara. Modifikasi yang
dilakukan pada penelitian ini yaitu memodifikasi panjang splitter blade dan jumlah main blade.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa modifikasi 8 main blade adalah modifikasi yang paling baik,
menaikkan tekanan udara sebesar 19.96%. Modifikasi panjang splitter blade kurang efektif karena
hanya menaikkan tekanan udara sebesar 4.3%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Institute of Energy Research. (2015). Fossil
Fuels. Retrieved 12 November, 2016, from
https://instituteofenergyresearch.org/topics/enc
yclopedia/fossil-fuels/
Seralathan, S., & Chowdhury, D. R. (2013).
Modification of Centrifugal Impeller and Effect
of Impeller Extended Shrouds on Centrifugal
Compressor Performance. Procedia
Engineering, Vol.64, hal.1119-1128.
Zhu, X., Li, G., Jiang, W., & Fu, L. (2016).
Experimental and numerical investigation on
application of half vane diffusers for centrifugal
pump. International Communications in Heat
and Mass Transfer, Vol.79, hal.114–127.
Abdelmadjid, C., Mohamed, S.A., & Boussad,
B. (2013). CFD Analysis of the Volute
Geometry Effect on the Turbulent Air Flow
through the Turbocharger Compressor. Energy
Procedia, Vol.36, hal.746-755.
Wang, T., Peng, C., & Wu, J. (2014). Back
Swept Angle Performance Analysis of
Centrifugal Compressor. MECHANIKA,
Vol.20, hal.402-406.
Ariga, I. (1998). The Effects of Impeller Exit
Rake Angle on the Internal Flow of Centrifugal
Impellers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.