Studi Karakteristik Laju Aliran Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Beberapa Variasi Intake Manifold Motor Yamaha Vega

Michael Hotama(1*), Teng sutrisno(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh penambalan permukaan luar intake manifold dengan las diral mengubah bentuk profil intake manifold pada
performa motor bakar sepeda motor Yamaha Vega R 110 cc. Salah satu cara untuk meningkatkan performa dari sepeda
motor adalah dengan melakukan perubahan bentuk profil intake manifold standard ke intake manifold modifikasi. Intake
manifold modifikasi ini bertujuan untuk memperlancar aliran udara dan dapat meyimpan udara disaluran intake manifold.
Cara mengubah bentuk profil intake manifold yaitu penambalan pada permukaan luar intake manifold menggunakan las
diral. Pemilihan bentuk intake manifold pada penelitian ini adalah intake manifold modifikasi biasa dan kecil,
membandingkan kedua intake tersebut dengan intake manifold standard pabrik. Metode pengujian yang dilakukan pada
penelitian ini adalah dengan melakukan simulasi aliran dengan menggunakan progam komputer ANSYS. Serta dengan
melakukan uji dynotest untuk mengetahui peningkatan daya dan torsi, sebelum dan sesudah dilakukan pergantian pada
masing – masing variasi intake manifold. Hasil yang didapat setelah melakukan simulasi adalah intake manifold yang
profilnya dibentuk menghasilkan pressure, velocity, dan turbulent yang optimal. Hasil tersebut dicapai oleh intake
manifold modifikasi kedua yang mengalami kemungkinan peningkatan daya sebesar 12% dari intake manifold standard.
Dan torsi dari modifikasi kedua mengalami kemungkinan peningkatan sebesar 8,41% dari intake manifold standard.


Keywords


Intake manifold, pressure, velocity, turbulent, daya, dan torsi

Full Text:

PDF

References


Bell, A. G. (1998). Four-Stroke Perfomance Tunning

(2nd ed.). Cambridge University Press.

Fox, R. W., McDonald, A. T., & Pritchard, P. J. (2010).

Introduction to Fluid Mechanics (8th ed.).Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Kristanto, P., (2015) Motor Bakar Torak. Teori dan Aplikasi : Andi. Yos yakurta Streeter, V. L., & Wylie, E. B. (1998). Mekanika Fluida. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Tran, P. (2011). Solidworks 2011 Part I - Basic Tools. Schroff Development Corporation.

Tran, P. (2011). Solidworks 2011 Part II - Advances Techniques. Schroff Development Corporation.

Kim, J.N. & cs.(2008). Effect of intake swirl on fuel-gas maxing and subsequent combution in a CAI engine. Internasional journal of automotive technology, vol. 9, no. 6,649-657. Retrivied june 10, 2016, from proquest.

Hushim, M. F. & Cs. (2012). Effect of intake manifold angel of port-fuel injection retrofit-kit to the performance of an S. I. engine. Applied mechanics and materials vol. 165, 31-37. Retrieved june 10, 2016, from proquest.

Jawad, B., Dragoiu, A., Dyar, L., Zellner, K. et al., "Intake Design for Maximum Performance," SAE Technical Paper 2003-01-2277, 2003,

doi:10.4271/2003-01-2277.

Mohiuddin, A.K.M.(2011). Investigation Of The Swirl Effect On Engine Using Designed Swirl Adapter. Mechanical Engineering Department,

International Islamic University Malaysia (IIUM), Kuala Lumpur.

Solanki P. D. 2015. “Simulation Studies on Different Intake Manifold Design for Performance Improvement of Four Stroke Four Cylinder

Diesel Engine “. Mechanical Engineering Department, Student of Master of Eng . (I.C Engine and automobile ) SVMIT, Bharuch, Gujarat, India.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.