PENGARUH PERUBAHAN PROFIL CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR SATRIA F 150CC DOHC

Andrew Wijaya(1*), Teng sutrisno(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Semakin beragamnnya dunia otomotif di bidang sepeda motor di Indonesia terus mengalami perkembangan.
Perkembangan yang terjadi pada perubahan perubahan dari sektor mesin baik kapasitas mesin maupun teknologi yang
diusungnya. Salah satu cara menigkatkan performa kendaraan adalah dengan merubah sektor mesin bisa dengan
merubah kepala silinder, pengabutan bahan bakar, ataupun pengapian. Salah satu yang yang cukup berpengaruh
terutama pada kendaraan 4 tak adalah camshaft karena merupakan pengatur masuk keluarnya gas masuk dan gas buang
dalam ruang bakar. Oleh karena itu di lakukan penelitian bentuk profil camshaft agar dapat meningkatkan performa
kendaraan baik torsi maupun daya untuk keperluan tertentu seperti peningkatan performa kendaraan. Sehingga kita
dapat mendapat perbandingan antara profil camshaft standart dengan camshaft modifikasi manakah yang lebih baik
untuk pengatur waktu buka tutup kendaraan. Dari hasil percobaan yang telah di lakukan didapat hasil yang paling baik
adalah pada camshaft modifikasi 1 dengan bentuk profil yang tidak terlalu berlebih, namun dapat menaikkan performa
kendaraan baik daya maupun torsi


Keywords


Camshaft, Satria F 150, Modifikasi Profil Camshaft, Cilinder Head, DOHC.

Full Text:

PDF

References


A.Graham Bell (1998), Four Stroke Performance Tuning

(2006)

A.Graham Bell (1983), Performance Tuning in Theory &

Practice

Dess Hammil, (1998) How to Chose Camshaft and Fine

Them for Maximum Power

Paul M Brokav (1970), A Study Of The Four Stroke

Motorcycle Engine

John Dalton, Practical Gas Flow, Techniquest For Low

Budget Performance Tuning China Brooklands

Book LTD, 2001

David Vizard, (1973)Theory and Practice of Cilinder Head

modification, England. Mrp speed sport LTD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.