PERANCANGAN SISTEM PENDINGIN PAKSA PADA REM CAKRAM TOYOTA KIJANG PICK UP TAHUN 2005

Agustinus Niki Rolando Wijaya(1*), Joni Dewanto(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi seperti sekarang ini untuk mendukung aktifitas dan kegiatan produksi,
sebagian besar orang menggunakan transportasi sebagai sarana bantu untuk mempermudah dan
meningkatkan produktifitas kegiatan manusia. Dengan demikian sarana transportasi harus
memadai dan menjamin keselamatan, salah satunya adalah transportasi darat. Yang terpenting
pada kendaraan adalah rem. Berbagai pihak perusahaan telah melakukan riset dan pengembangan
dalam segi keamanan termasuk rem. Tidak hanya pada mobil balap tetapi juga pada mobil pribadi,
angkutan umum maupun komersial.
Sesuatu yang sangat penting pada mobil adalah rem. Seringkali orang melakukan
perjalanan tanpa mengetahui kondisi mobil mereka, bahkan penggunaan yang melebihi kapasitas
sering membawa bencana. Penggunaan rem akan menghasilkan panas dari hasil gesekan, panas
yang dihasilkan membuat koefisien gesek rem berkurang. Tentunya hal ini sangat berbahaya,
banyak inovasi untuk menangani hal ini terutama dalam melakukan pendinginan tetapi bersifat
pasif dengan membuat vetilasi dan pemanfaatan aerodinamis kendaraan. Tetapi banyak kecelakaan
terjadi pada kendaraan komersial atau city car dimana kecepatan terbatas dan beban yang cukup
berat. Pada keadaan ini, pendingin pasif yang memerlukan kecepatan udara atau aerodinamis
sebagai pendingin kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pendingin rem yang
bekerja sendiri sesuai keadaan rem (suhu).


Keywords


Rem, pendingin rem, pendingin paksa, pendingin rem dengan air

Full Text:

PDF

References


Diduga Rem Blong, Pikap Tabrak Dua Mobil. (2015,

May 26). Radar Madura. Retrieved by

http://radarmadura.co.id/2015/05/diduga-rem-blon

g-pikap-tabrak-dua-mobil/

Ansyari Syahrul. (2015, September 23). Rem Blong

Delapan Anggota TNI Jatuh Ke Jurang. Viva.co.id.

Retrieved by

http://nasional.news.viva.co.id/news/read/678268-r

em-mobil-blong--8-anggota-tni-jatuh-ke-jurang

Brake pad guide 14/15. (n.d.). Hawk Performance.

Retrived from

http://www.hawkperformance.com/sites/default/fil

es/downloads/HAWKBRAKEGUIDE_FINAL_2.p

df

Exellent performance in all situation. (n.d.). Brembo.

Retrived from

http://www.brembo.com/en/car/sporting-use/pads

Arduino. (n.d.). What Is Arduino. Retrieved from

https://www.arduino.cc/en/Guide/Introduction

Thermocouple. (2011). Thermocouples: Type K

Thermocouple (Chromel / Alumel). Thermometrics.

Retrived from

http://www.thermometricscorp.com/Thermocouple

s.html

Dewanto, J. & Wijaya, A. (2010). Sistem Pendingin

Paksa Anti Panas Lebih (Over Heating) Pada Rem

Cakram (Disk Brake) Kendaraan. UK Petra,

Surabaya, Indonesia. Retrieved from

http://fportfolio.petra.ac.id/user_files/87-002/J%20

Dewanto.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.