OPTIMASI DESAIN PELEK MOBIL MELALUI SIMULASI PENGUJIAN IMPACT SESUAI STANDAR SAE J175

David Yan Kosasih(1*), Willyanto Anggono(2), Fandi Dwiputra Suprianto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melakukan optimasi pada desain pelek yang telah disediakan oleh
perusahaan pada uji impact sesuai standar SAE J175 untuk mengetahui kekuatan dari berbagai
jenis optimasi desain itu sebelum uji impact yang sesungguhnya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode elemen hingga explicit dynamics solution
dari perangkat lunak ANSYS. Setelah dilakukan simulasi pada desain awal dari pihak pabrik
dilakukan modifikasi dengan melakukan penambahan fin dengan ketebalan yang berbeda dan
lubang yang juga dilakukan simulasi.
Hasil yang didapatkan menunjukan bahwa pelek dengan modifikasi fin sebesar 15 (lima belas)
millimeter mengalami tegangan yang terendah, maka dari itu desain pelek ini yang optimal.


Keywords


pelek, spoke, optimasi, simulasi, metode elemen hingga.

Full Text:

PDF

References


SAE International. (2003). Surface Vehicle Recommended Practice Wheels Impact Test Procedure Road Vehicles. USA

Pett, A. (2011). Introduction to Explicit Dynamics Using ANSYS Workbench. Retrieved August 10, 2015, from http://www.ansys.com/

SAS IP, Inc. (2009). ANSYS Workbench User’s Guide. Canonsburg, PA

ASM Aerospace Specification Metals Inc. ASM Material Data Sheet. Retrieved October 28, 2015, from http://asm.matweb.com/

WheelLugPattern.com. (2009). Measure Your Lug Pattern. Retrieved August 15, 2015, from :http://www.wheellugpattern.com/

Gravitycalc.com. (2015). Gravity Calculations – Earth. Retrieved October 5, 2015, from http://www.gravitycalc.com/

Pratikto, I. (2012). Analisa Sudut Kemiringan Spoke Velg Cast Wheel Sepeda Motor Terhadap Kekuatan Tekan Dan Impak. (TA No. 03010991/MES/2012). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Varese A. (2005). Impact Test Machine For Alloy Wheel. Retrieved August 10, 2015, from http://borli.en.ec21.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.