PERANCANGAN DIESEL PARTICULATE TRAP UNTUK MENURUNKAN OPASITAS GAS BUANG

Andika Daniel Lesmana(1*), Philip Kristanto(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tingginya polusi udara yang disebabkan oleh
asap kendaraan bermotor khususnya mesin diesel. Kendaraan bermesin diesel mengeluarkan
jelaga (partikulat) yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu perlu suatu teknologi
agar asap yang dikeluarkan menjadi lebih tidak beracun. Tujuan penelitian ini yaitu ingin
mereduksi opasitas gas buang kendaraan diesel konvensional (non common-rail system) dengan
Diesel Particulate Trap (DPT) berbahan paduan keramik dan tembaga. Kendaraan yang
digunakan yaitu Toyota Kijang LGX tahun 2003. Hasil penelitian menunjukkan penurunan
tekanan pada pengujian back pressure sebesar 1 in/Hg, penurunan opasitas gas buang secara
signifikan yaitu sebesar 46% dan tenaga serta torsi yang tetap menunjukkan bahwa DPT yang
dipasang tidak mempengaruhi kinerja mesin.


Keywords


Diesel Particulate Trap, Mesin Diesel, Opasitas Gas Buang

Full Text:

PDF

References


Samudra, Agung. 2009. “Pengaruh

Penggunaan Diesel Particulate Trap (DPT)

Berbahan Tembaga dan Glasswool Dengan

Desain Metallic Honeycomb Terhadap

Opasitas (Kepekatan Asap) Mesin Isuzu

Panther Tahun 2000”. Skripsi tidak diterbitkan.

Surabaya: Jurusan Teknik Mesin FT Unesa.

Sastrawijaya, T. 1995. Pencemaran

Lingkungan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sukoco, & Arifin, Z. 2013. Teknologi Motor

Diesel. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.