PERANCANGAN BODY MOTORA MK. II UNTUK KOMPETISI INDONESIA ENERGY MARATHON CHALLENGE

Alvin Julianto(1*), teng sutrisno(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kompetisi Indonesia
Energy Marathon Challenge (IEMC). IEMC merupakan kompetisi mobil hemat energi yang diselenggarakan bagi
mahasiswa di seluruh Indonesia. Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra telah mengikuti kompetisi IEMC
pada tahun 2012 dengan mobil kelas urban concept yang diberi nama Motora Mk. I. Mobil Motora Mk I. dikembangkan
seluruh sistem–sistemnya agar dapat mengikuti perlombaan IEMC. Pengembangan mobil telah berhasil dilakukan pada
seluruh sistemnya, namun belum berhasil membuat body-nya. Metode perancangan yang dilakukan adalah pembuatan
surface modeling dengan software SolidWorks. Besarnya nilai koefisien drag (CD) didapatkan dari hasil simulasi
menggunakan software ANSYS. Simulasi dijalankan menggunakan model viscous, k-epsilon RNG pada kecepatan udara
15 m/s. Hasil simulasi berupa gaya drag kemudian dihitung dengan persamaan sehingga didapatkan nilai CD sebesar
0,198. Body dilanjutkan ke proses pembuatan setelah didapatkan hasil simulasinya. Proses pembuatan dilakukan dengan
membuat prototype, lalu membuat moulding yang kemudian digunakan untuk mencetak body. Berat body melalui proses
menimbang didapatkan berat body sebesar 36 kg.


Keywords


Mobil Urban Concept, Surface Modeling, Simulasi Aerodinamika, Proses Manufaktur.

Full Text:

PDF

References


Halim, C. 2013. “ Perancangan Desain Bodi Urban

City Car Untuk Kompetisi Urbanconcept Shell

Eco-Marathon”. Skripsi. Surabaya: Jurusan Teknik

Mesin Program Otomotif, Fakultas Teknologi

Industri, Universitas Kristen Petra.

Finahari, N., dan Suswanto, B., “ Studi Pengaruh

Model Mobil dan Kecepatan Angin Terhadap Gaya

Drag”, Widya Teknika, Vol.20, No.1 Maret 2013,

hal. 14-19.

Hidayat, Y. H. 2010., Analisa Tekanan Dan Laju

Kecepatan Angin Pada Mobil GL-BUS

Menggunakan Software Berbasis Computational

Page 5 of 5

Fluid Dynamics (CFD).

http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/gradua

te/industrial-

technology/2010/Artikel_20403761.pdf Retrieved

October 19, 2015.

Tjitro, S., dan Wibawa, A. A., “ Perbaikan

Karakteristik Aerodinamika pada Kendaraan

Niaga”, Jurnal Teknik Mesin Universitas Kristen

Petra, Vol.1, No.2 Oktober 1999, hal.108-115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.