REDUKSI EMISI GAS BUANG PADA MOTOR BENSIN MENGGUNAKAN SERBUK TEMBAGA DAN BATU APUNG

Stephen Sanjaya(1*), Philip Kristanto(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penambahan Catalytic Converter pada mesin bensin Toyota Kijang 5K standard yang bertujuan untuk mereduksi emisi gas buang kendaraan bermotor. Catalytic Converter merupakan salah satu alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk mereduksi polutan emisi gas buang pada kendaraan bermotor yaitu Carbon Monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC). Penelitian ini dilakukan dengan menguji 3 model yang telah dibuat yaitu Catalytic Converter I (Pellet), Catalytic Converter II (Sekat Tembaga), Catalytic Converter III (Batu Apung). Dapat disimpulkan bahwa Catalytic Converter III (Batu Apung) adalah model yang terbaik untuk digunakan dalam mereduksi emisi gas buang. Dalam pengujian ini juga dilakukan pengukuran tekanan vakum dan terjadi kenaikan tekanan vakum, yaitu sebesar -17 in/Hg. Kenaikan tekanan vakum di intake manifold pada Catalytic Converter III lebih tinggi bila dibandingkan dengan Catalytic Converter II, dapat diakibatkan karena pada Catalytic Converter III menggunakan granular batu apung yang dapat menghambat laju tekanan pada saluran pipa gas buang. Selain itu pengujian ini membuktikan konsentrasi CO menurun cukup signifikan dengan penambahan batu apung pada saluran gas buang, namun untuk konsentrasi HC tidak jauh berbeda dengan hasil pengujian Catalytic Converter II. Hal ini ditunjukkan melalui penurunan konsentrasi CO sebesar 19,75% dan HC sebesar 15,37% dari keadaan standard yaitu tanpa menggunakan Catalytic Converter.

Keywords


catalytic converter, katalis, tembaga, batu apung.

Full Text:

PDF

References


Arya, W. Wisnu. (1999). Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Andi Offset.

Bachrun. (1993). Polusi Udara Perkotaan, Pemantauan dan Pengaturan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Cahaya, Indra. (2003). Pengendalian Pencemaran Udara Melalui Penanganan Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Hakam. M., Sungkono. D. (2006). Analisa Pengaruh Penggunaan Logam Tembaga sebagai Katalis pada Saluran Gas Buang Mesin Bensin Empat Langkah terhadap Konsentrasi Polutan CO dan HC. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Irawan B. (2003). Rancang Bangun Catalytic Converter dengan Material Substrat Tembaga (Cu) untuk Mereduksi Emisi Gas CO. Semarang: Universitas Diponegoro.

J. C. Prince, C. Trevino, M. Diaz. (2008). Modeling a Catalytic Converter for CO and NO Emissions. London: Proceedings of the World Congress on Engineering.

Johan Wahyudi, et al. (2007). Pengaruh Pemanfaatan Batu Zeolit Untuk Reduksi Emisi Gas Buang Pada Kendaraan Bermotor Bensin. Surabaya: Universitas Kriten Petra.

Kevin Stewart McCartney. (1997). Catalytic Converter Theory, Operation and Testing. Retrieved January 15, 2015, from crashh@prodigy.net. http://bearriverconverters.com/data/CatOpp.pdf

Kristanto, Philip. (2013). Ekologi Industri Edisi Kedua. Yogyakarta: LPPM Universitas Kristen Petra.

Obert. Erdward F. (1973). Internal Combustion Engine and Air Pollution. New York: Harper & Row, Publisher, Inc.

Handoko, S., Prasetyo, A., Ferdinandus, A., (1997). Studi Penggunaan Batu Apung untuk Beton Ringan Sebagai Komponen Struktural. Jakarta: PT.Sucofindo.

Wakhid, Syamsul. (2006). Pengaruh Dendrit (Batu Apung) Sebagai Katalis Terhadap Emisi Gas Buang Dan Tingkat Kebisingan Pada Mesin Toyota Kijang. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Warju. (2006). Pengaruh Penggunaan Catalytic Converter Tembaga berlapis Mangan Terhadap Kadar Polutan Motor Bensin Empat langkah. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Zulhelmi, 530.413 Zul p, Pembuatan dan karakterisasi bata berpori dengan agregat batu apung (pumice) sebagai filter gas buang kendaraan.

Tanjung, M. (n.d) Bahan Pelatihan Nasional Otomotif Perbaikan kendaraan ringan (Identifikasi Perangkat Pengikat, gasket, perapat dan perekat). Retrieved January 20,2015, from http://slideshare.net/mobile/MAXTANJUNG/10-0177i

Catalitic converter dan pencemaran udara. Retrieved January 20,2015, from http://geowana.wordpress.com/2007/10/16/catalytic-converter-dan-pencemaran-udara/.

Journal of Environmental Engineering. HighBeam Research. Retrieved Desember 22,2014,from http://highbeam.com/publications/journal-of-environmental-health-p4314/october-1995

Data Pertambangan Mineral dan Batubara. (n.d). Potensi Batu Apung. Retrieved January 20,2015, from http://dpesdm.com/index.php/14-kumpulan-artikel/123-potensi-batu-apung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.