PERANCANGAN PROTOTIPE SISTEM ELEKTROMAGNETIK REGENERATIVE SHOCK ABSORBER UNTUK MEMBANTU PROSES RECOVERY PADA BATERAI MOBIL

Albertus Kenny(1*), Ian Hardianto(2),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Di dalam bidang otomotif, pembaharuan energi sangatlah diperlukan sehingga degan latar belakang tersebut teknologi yang lagi dikembangkan pada kendaraan adalah sistem elektromagnetik regenerative shock absorber untuk membantu proses pengisian pada baterai mobil.  Metode percobaan yang dilakukan merupakan metode dasar dan sederhana yaitu membuat sistem elektromagnetik dan mengujinya secara manual dan belum mengacu pada percobaan dinamis pada mobil. Alat ukur yang digunakan adalah osciloscope. Dari hasil percobaan didapat bahwa prototipe memiliki potensi energi yang selanjutnya dapat dikembangkan dan diaplikasikan secara baik pada bidang otomotif.


Keywords


Prototipe, Regenerative, Shock absorber, induksi elektromagnetik.

Full Text:

PDF

References


Rahul Uttamrao Patil, Dr. S. S. Gawade. Design and Static Magnetic Analysis of Electromagnetic Regenerative Shock Absorber. 1Post Graduate student (Mechanical engg.), Rajarambapu Institute of technology, Rajaramnager.

Zhang Jin-qiu, Peng Zhi-zhao*, Zhang Lei, Zhang Yu. A Review on Energy-Regenerative Suspension Systems for Vehicles. Proceedings of the World Congress on Engineering 2013 Vol III, WCE 2013, July 3 - 5, 2013, London, U.K.

Lei Zuo, Brian Scully, Jurgen Shestani and Yu Zhou, ‘Design and characterization of an electromagnetic energy harvester for vehicle suspensions’, Journal of Smart Materials and Structures, Volume 19, Number 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.