Aplikasi Rekonstruksi 3D Menggunakan Metode Voting-Based Voxel Carving

Ricky Tanojo(1*), Liliana --(2), Djoni Haryadi Setiabudi(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Rekonstruksi 3D adalah teknik untuk membentuk objek 3D dari dunia nyata kedalam komputer. Dalam melakukan proses rekonstruksi, dapat digunakan berbagai macam metode, salah satunya adalah voting – based voxel carving, yaitu metode yang melakukan pembentukan suatu objek 3D dengan mengumpulkan gambar objek dari berbagai sudut, sehingga dapat diperoleh bentuk 3D.
Proses yang dilakukan adalah sebagai berikut: user melettakkan objek pada titik yang sudah ditentukan. Gambar dari objek akan diproses menjadi silhouette dari objek. Setelah diambil gambar dari satu sisi, hal yang sama akan dilakukan sampai semua sisi dari objek didapatkan. Aplikasi dibuat dengan C++ dengan Microsoft Visual Studio 2010 sebagai IDE-nya.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa proses rekonstruksi 3D menggunakan voting – based voxel carving belum dapat menghasilkan objek 3D yang menyerupai objek nyata, dikarenakan terdapat beberapa efek dari faktor pencahayaan, jarak, dan jenis permukaan benda.


Keywords


Voxel; voxel carving; shape from silhouette

Full Text:

PDF

References


Cheung, K. M., Baker, S., & Kanade, T. (2005). Shape-From-Silhouette Across Time Part I: Theory and Algorithms. International Journal of Computer Vision, 62(3), 221-247.

Kuzu, Y., & Rodehorst, V. (2001). Volumetric modeling using shape from silhouette. Proc. the 4th Turkish-German Joint Geodetic Days, 469-476..

R. C. Gonzalez and R. E. Woods. (2002). Digital image processing, 2nd ed. Chapter 9.

Wikipedia. (2008). Mathematical Morphology. Retrieved July 03, 2013, from http://en.wikipedia.org/wiki/Mathematical_morphology

Kuzu, Y. (2002). Photorealistic object reconstruction using color image matching. International archives of photogrammetry remote sensing and spatial information sciences, 34(5), 169-174.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :