PERANCANGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA UD. SUMBER ABADI

Hardi Pratomo(1*), Alexander Setiawan(2), Djoni Haryadi Setiabudi(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


UD. Sumber Abadi adalah usaha yang bergerak di bidang industri keramik. UD. Sumber Abadi menjual keramik bermotif. UD. Sumber Abadi juga melayani pesanan dari pelanggan jika ingin merubah ukuran atau warna motif yang ada. Proses perhitungan harga pokok produksi masih dihitung secara manual dengan memperhitungkan biaya bahan baku, biaya overhead serta biaya tenaga kerja yang digunakan. Oleh karena itu UD. Sumber Abadi membutuhkan sistem informasi yang terkomputerisasi. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat lebih membantu UD. Sumber Abadi dalam melakukan perhitungan.
Aplikasi ini dibuat dengan bermacam – macam laporan yang diperlukan oleh perusahaan. Menu laporan dapat menampilkan laporan dengan tanggal yang spesifik. Untuk mendesain ERD dan DFD digunakan aplikasi Power Designer 6.0. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Visual Studio 2005 dan SQLExpress sebagai penyimpan database.
Hasil yang diperoleh dari program perhitungan harga pokok produksi terbukti sama dengan perhitungan manual yang ada pada perusahaan. Hal ini dapat memberikan informasi harga pokok untuk tiap produk yang ada. Hasil dari survei kuisioner, 66,67% user menilai baik dari segi tingkat kebutuhan, 66.67% user menilai baik dari segi keakuratan, dan 66,67% user menilai cukup dari segi desain interface yang ada.


Keywords


Perancangan Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi; Visual Studio 2005; UD.Sumber Abadi

Full Text:

PDF

References


Horngren, Charles T., Foster, George & Datar, Srikant M. (1994). Akuntansi biaya (8th Ed). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Mulyadi. (2001). Akuntansi Manajemen , Edisi Kedua, Yogyakarta: STIE YKPN.

Mulyadi. (2005). Akuntansi biaya (5th Ed). Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Mulyadi. (2007). Sistem Akuntansi, Jakarta: Salemba Empat.

Romney, Marshall B. (2000). Accounting information system (8th Edition). New Jersey : Prentice-Hall, Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :