Penerapan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) untuk Optimisasi Pembangunan Negara dalam Turn Based Strategy Game

Andre Setiawan(1*), Leo Willyanto Santoso(2), Rudy Adipranata(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika
(2) Program Studi Teknik Informatika
(3) Program Studi Teknik Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Bermain Video Game merupakan salah satu hiburan yang menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang. Salah satu genre game yang cukup digemari oleh pemain adalah Turn Based Strategy. Game Turn Based Strategy memerlukan AI yang dapat membuat keputusan dengan optimal. Pada penelitian ini, AI dapat membuat keputusan untuk menentukan jenis dan lokasi bangunan, sehingga pembangunan menjadi lebih optimal.
Untuk dapat mengambil keputusan dengan optimal, dibuatlah sebuah sistem algoritma AI. Sistem algoritma AI yang digunakan adalah Particle Swarm Optimization dalam mengambil keputusan untuk menentukan jenis dan lokasi bangunan.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma Particle Swarm Optimization dapat dikembangkan untuk dapat menentukan keputusan dengan baik berdasarkan fitness yang berpengaruh pada penentuan jenis dan lokasi bangunan. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa dengan batas jumlah turn yang mencukupi, Particle Swarm Optimization dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada metode random.


Keywords


Artificial Intelligence; Particle Swarm Optimization; Turn Based Strategy.

Full Text:

PDF

References


Kurniati, Agnes. 2015. “Game development ‘tales of mamochi’ with role playing game concept based on android”, International Conference on Computer Science and Computational Intelligence (ICCSCI 2015). Procedia Computer Science 59 (2015): 392 – 399.

Barnouti, N. H. “Pathfinding in strategy games and maze solving using A* search algorithm”. Journal of Computer and Communications (2016), 4, 15-25.

Sabir, S. 2016. “A Comparative study of genetic algorithm and the particle swarm optimization”. International Journal of Electrical Engineering 9.2 (2016): 215-223.

Cunha, A. A. 2015. “Swarm intelligence in strategy games”. Lisboa : Instituto Superior Técnico.

Sanjaya, A. L. 2016, “Aplikasi game strategi menggunakan metode algoritma genetika untuk pembuatan pasukan”. Surabaya : Petra Christian University.

Jones, Karl O. 2006. “Comparison of genetic algorithms and particle swarm optimisation for fermentation feed profile determination”. International Conference on Computer Systems and Technologies – CompSysTech (2006).

Kennedy, J. & Eberhart. R. 1995. “Particle Swarm Optimization”. Purdue School of Engineering and Technology:Indianapolis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :