PERANCANGAN DAN PEMBUATAN E-COMMERCE PADA TOKO TIGA JAYA ELEKTRONIC

Hendricky Jhonatan(1*), Leo Willyanto Santoso(2),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko Tiga Jaya Elektronic adalah toko yang bergerak dalam bidang penjualan alat-alat elektronik khususnya antena TV. Selama ini, Toko Tiga Jaya Elektronic menggunakan cara manual untuk melakukan penyimpanan data. Selama ini pemesanan barang dilakukan melalui telepon atau melalui sales keliling. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dirancang sebuah aplikasi e-commerce berupa website. Aplikasi dibagi menjadi dua bagian, yaitu website untuk owner dan website untuk user. Sistem e-commerce ini sebisa mungkin didesain menjadi sebuah aplikasi yang user friendly, yang berarti tidak membutuhkan keahlian khusus user dalam menggunakannya. Sistem informasi ini dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL.
Dari hasil pengujian, user dapat mengirimkan pesanan ke Toko Tiga Jaya Elektronic dalam kurun waktu 24 jam, user dapat melihat detail barang, dan user dapat memberikan review barang ataupun masukan secara lisan kepada user lain maupun perusahaan. Menurut hasil survey, 75% responden menyatakan keseluran program baik dan berguna untuk kemajuan Toko.


Keywords


E-Commerce; Tiga Jaya Elektronic; barang elektronik

Full Text:

PDF

References


Hartono, Jogiyanto. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Form retrieved 28 April 2011.

Purbo, Onno W., 2000, Mengenal E-Commerce. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Solichin , Achmad. (n.d.). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur. From Retrieved 24 April 2011.

Beihley , Lynn and Morisson, Michael. 2009. Head First PHP & MYSQL. From Retrieved 26 April 2011 .

Davies, Alex. 2010. High Availability MySQL Cookbook. From Retrieved 26 April 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :