PEMBUATAN APLIKASI WISATA SEJARAH PERTEMPURAN SURABAYA 1945 BERBASIS ANDROID

Sandy Sunaryo(1*), Andreas Handojo(2), Justinus Andjarwirawan(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Terdapat banyak lokasi-lokasi bersejarah di Surabaya yang merupakan peninggalan pertempuran Surabaya pada tahun 1945. Hal ini menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Surabaya. Para wisatawan pada umumnya mencari informasi melalui berbagai media seperti internet sebelum melakukan kunjungan. Namun, informasi yang didapat pada umumnya kurang terorganisir untuk menggambarkan sejarah pertempuran Surabaya dengan baik. Dengan memanfaatkan smartphone yang banyak digunakan saat ini, sebuah aplikasi dirancang untuk membantu para wisatawan dalam mencari lokasi dan informasi mengenai lokasi sejarah pertempuran Surabaya.
Aplikasi ini menyediakan akses ke informasi lokasi, sejarah lokasi, galeri foto lokasi, daftar lokasi yang telah dikunjungi, menjalankan game, virtual stamping, simulasi pertempuran Surabaya dan download konten. Adapun aplikasi ini dirancang untuk beroperasi pada smartphone dengan sistem operasi Android.
Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini dapat menjalankan fungsi login, peta, game, virtual stamping, simulasi sejarah dan download konten serta fungsi lain yang telah disebutkan.


Keywords


Pertempuran Surabaya;Android;SQLite;GPS

Full Text:

PDF

References


Ariwibowo, Budi. (2009). Pertempuran Surabaya 10 November 1945. Retrieved June 19 2013 from http://umum.kompasiana.com/2009/11/23/pertempuran-surabaya-10-november-1945-28773.html

Safaat, Nazruddin. (2012). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika.

Singhal, Manav; Shukla Anupam. (2012). Implementation of Location Based Services in Android Using GPS and Web Services. Retrieved June 20, 2013 from http://ijcsi.org/papers/IJCSI-9-1-2-237-242.pdf

SQLite. (2013). About SQLite. Retrieved June 19 2013, from http://www.sqlite.org/about.html.

JSON. (2013). Introducing JSON. Retrieved June 19, 2013 from http://www.json.org/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :