Pembuatan Aplikasi Sales Berbasis Mobile Device Menggunakan Phonegap

Osbert Tjitro Sampurna(1*), Andreas Handojo(2), Agustinus Noertjahyana(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan smartphone dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat. Smartphone dengan system operasi Android, Blackberry, Windows Phone, IOS, dan beberapa system operasi lainya berkembang dengan pesat dan banyak orang yang sudah dapat menggunakan smartphone tersebut. Perkembangan ini dapat dimanfaatkan juga dalam dunia kerja seperti untuk pekerjaan memasarkan barang. Dengan membuat aplikasi pada smartphone maka pekerjaan yang biasanya membutuhkan catatan-catatan dapat dimasukan ke dalam smartphone sehingga menjadi lebih praktis. Seperti daftar barang, nota pemesanan, dan data customer dapat dimasukan ke dalam smartphone dan dapat diakses oleh sales yang membawa smartphone.
Aplikasi yang dikembangkan menggunakan PhoneGap yang dibuat dengan bahasa pemrograman HTML 5, Javascript, dan CSS. Untuk komunikasi data antara device dengan data pusat perusahaan menggunakan JSON. Untuk bagian server tidak memiliki tampilan sama sekali karena hanya berfungsi untuk menghubungkan device dengan data perusahaan.
Aplikasi ini dapat memberi kemudahan kepada sales untuk dapat melakukan penjualan pada customer. Sales dapat dengan mudah mendapatkan data barang yang akan dijual, sales juga dapat mengenal customer dengan lebih baik, dan juga sales juga akan lebih terbantu dengan adanya fitur upload data transaksi yang dapat memudahkan sales untuk dapat mengumpulkan data pemesanan yang telah dibuat sebelumnya tanpa antri pada kantor perusahaan.


Keywords


Phonegap, Sales, Mobile Device

Full Text:

PDF

References


Android. (2006). Software Development Kit. Retrievid September, 19, 2012, from Developer.android.com.

JSON, (2009). JSON Format. Retrieved August, 17, 2012, from www.json.org

Myer, Thomas. (2011). Beginning Phonegap. Washington : United States Patent.

Shotts, Kerri. (2013). Phonegap Hotshot, Maryland : Sygress.

Patel , Yogesh. (2012)Beginning Phonegap : Mobile Web Framework for Javascript and Html5. New York: Apress


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :