Sekolah Musik Inklusi di Surabaya

Haydian Susanto(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sekolah Musik Inklusi di Surabaya merupakan
sekolah tinggi dalam bidang musik yang mewadahi
dua pelajar yang berbeda, yaitu mahasiswa dan
pemusik jalanan secara subsidi silang. Tujuan adanya
perancangan ini adalah sebagai wadah yang
memberikan kesempatan untuk mengembangkan
bakat musik yang selanjutnya diteruskan sebagai
karir ataupun profesi. Sekolah ini menyediakan
fasilitas-fasilitas yang mendukung pembelajaran
musik, mulai dari Studio Musik, Ruang Latihan,
Perpustakaan Musik, hingga Recital Hall.
Perancangan sekolah ini menggunakan pendekatan
simbolik, dimana karakter kedua pengguna tersebut
dan elemen-elemen dalam musik diambil sebagai
inspirasi ke dalam desain perancangan secara
arsitektural. Inspirasi-inspirasi tersebut juga
diintegrasikan dengan analisa tapak yang lalu
diaplikasikan pada bentuk bangunan, tampak, hingga
material yang digunakan. Selanjutnya, pendalaman
karakter ruang dipilih untuk menunjukkan integrasi
antara kebutuhan akustika dengan kenyamanan
pengguna yang berlatih musik dalam ruangan
tersebut. Oleh karena itu, diharapkan sekolah ini
dapat menjadi pelopor untuk mendukung para
pemusik jalanan serta menghasilkan calon-calon
musisi dari Indonesia.


Keywords


akustika, arsitektur simbolik, musik, pemusik jalanan, sekolah musik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :