Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunanetra (SMPLB-A) di Surabaya

Eliya Anggraeni(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desain perancangan Sekolah Menengah Pertama
Luar Biasa Tunantera (SMPLB-A) di Surabaya ini
merupakan sebuah projek yang dirancang khusus
untuk memfasilitasi pendidikan siswa dengan
kebutuhan tunanetra pada jenjang menengah pertama
di Surabaya Barat dimana masih belum terdapat
persebaran sekolah luar biasa, khususnya sekolah luar
biasa tunanetra. Perancangan sekolah luar biasa ini
dimaksudkan untuk menyediakan fasilitas yang
diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa
untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih
tinggi, mencari jati diri, dan mengasah ketrampilan
siswa berkebutuhan khusus tunanetra.
Permasalahan desain utama dari projek perancangan
ini adalah bagaimana desain fasilitas pendidikan
khusus tunanetra jenjang menengah yang berfungsi
dengan baik, fasilitas yang lengkap, dengan sirkulasi
dan penataan zona yang nyaman dan menarik bagi
pengguna. Desain diharapkan dapat membuat
pengguna berkebutuhan khusus tunantera memiliki
pengalaman yang sama dengan murid sekolah pada
umumnya dan mampu membedakan karakter tiap
ruang dengan memaksimalkan penggunaan indera
lain selain indera penglihatan sehingga menarik minat
siswa dalam belajar dan mengeksplorasi sekolah
dengan nyaman menggunakan pendekatan perilaku
dan mengaplikasikan konsep Multisensory
Architecture dan Architecture for Low Vision.


Keywords


Arsitektur, Arsitektur untuk Tunanetra, Sekolah Luar Biasa Tunanetra, Surabaya, Tunantera

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :