Sekolah Dasar Inklusi di Surabaya

Irene Kristy(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fasilitas pendidikan yang ramah disabilitas
di Indonesia masih sangat minimal dan kurang
diperhatikan, sedangkan jumlah persentase anak
berkebutuhan khusus di Indonesia yang belum
mendapatkan pendidikan yang layak semakin
meningkat. Dengan adanya sekolah inklusi, yaitu
sekolah yang menerima dan menggabungkan siswa
reguler dengan siswa berkebutuhan khusus dalam
lingkup pembelajaran yang sama, akan membantu
meningkatkan kesadaran dan interaksi antara kaum
disabilitas dengan masyarakat umum.
Aksesibilitas menjadi poin penting dalam
perancangan bangunan ini, dimana semua orang
(baik dengan disabilitas maupun tidak) dapat
mengakses bangunan secara mandiri, nyaman, dan
aman. Untuk mencermati dan memenuhi kebutuhan
desain bangunan, maka digunakan pendekatan
perilaku dengan prinsip Desain Universal dan
pendalaman karakter ruang. Sehingga konsep
Arsitektur Inklusif dapat diaplikasikan pada
keseluruhan proses perancangan.


Keywords


Aksesibilitas, Arsitektur Inklusif Ramah Disabilitas, Sekolah Inklusi, Desain Universal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :