PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI “X” TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI DI GERAI “Y”

Aurelia Archangela Girlani(1*), Cindy Calista(2), Regina Jokom(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis favorit yang digeluti selebriti saat ini selain bisnis clothing dan kecantikan. Salah satu selebriti yang memiliki bisnis kuliner adalah selebriti “X”. Selebriti “X” memiliki restoran ayam geprek yang dinamakan gerai “Y”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik dari Selebriti “X” terhadap citra merek dan minat beli di gerai “Y”. Karakteristik yang dimiliki celebrity endorser yaitu, visibility, credibility, attraction, dan power. Penelitian ini melibatkan sebanyak 138 responden dan menggunakan Partial Least Square sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik selebriti “X” memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap citra merek dan minat beli di gerai “Y”. Karakteristik selebriti “X” juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap minat beli melalui citra merek dimana pengaruh ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai pengaruh langsung.

 

Kata Kunci: Karakteristik Celebrity Endorser, Citra Merek, Minat Beli

 

Abstract

 

Culinary business has become one of the favourite businesses that attract celebrities nowadays besides of clothing or makeup. Celebrity “X” is one of the celebrities who is attracted to culinary business. He owns “ayam geprek” restaurant called outlet “Y”. The purpose of this research is to know the impact of celebrity “X” characteristic to brand image and purchase intention in outlet “Y”. Celebrity endorser characteristics are visibility, credibility, attraction, and power. This research involves 138 respondents and using Partial Least Square to analyse the data. The result of this research shows that the characteristic of celebrity “X” has positive and significant direct impact to brand image and purchase intention in outlet “Y”. Characteristic of celebrity “X” also has indirect impact to purchase intention through brand image which has higher result than the direct impact.

 

Keywords: Celebrity Endorser’s Characteristic, Brand Image, Purchase Intention


Full Text:

PDF

References


Abstrak

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis favorit yang digeluti selebriti saat ini selain bisnis clothing dan kecantikan. Salah satu selebriti yang memiliki bisnis kuliner adalah selebriti “X”. Selebriti “X” memiliki restoran ayam geprek yang dinamakan gerai “Y”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh karakteristik dari Selebriti “X” terhadap citra merek dan minat beli di gerai “Y”. Karakteristik yang dimiliki celebrity endorser yaitu, visibility, credibility, attraction, dan power. Penelitian ini melibatkan sebanyak 138 responden dan menggunakan Partial Least Square sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik selebriti “X” memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap citra merek dan minat beli di gerai “Y”. Karakteristik selebriti “X” juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap minat beli melalui citra merek dimana pengaruh ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan nilai pengaruh langsung.

Kata Kunci: Karakteristik Celebrity Endorser, Citra Merek, Minat Beli

Abstract

Culinary business has become one of the favourite businesses that attract celebrities nowadays besides of clothing or makeup. Celebrity “X” is one of the celebrities who is attracted to culinary business. He owns “ayam geprek” restaurant called outlet “Y”. The purpose of this research is to know the impact of celebrity “X” characteristic to brand image and purchase intention in outlet “Y”. Celebrity endorser characteristics are visibility, credibility, attraction, and power. This research involves 138 respondents and using Partial Least Square to analyse the data. The result of this research shows that the characteristic of celebrity “X” has positive and significant direct impact to brand image and purchase intention in outlet “Y”. Characteristic of celebrity “X” also has indirect impact to purchase intention through brand image which has higher result than the direct impact.

Keywords: Celebrity Endorser’s Characteristic, Brand Image, Purchase Intention


Refbacks

  • There are currently no refbacks.