ANALISA PERBEDAAN MOTIVASI PEMBERIAN TIP BERDASARKAN GENDER KEPADA KARYAWAN RESTORAN DI SURABAYA

Ni Luh Intha Hanani Miryani(1*), Jeniffer Fransisca Tandiary(2), Monika Kristanti(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tip digunakan sebagai sebuah penghargaan yang diberikan konsumen kepada karyawan Restoran yang telah memberikan pelayanan yang memuaskan. Motivasi pemberian tip adalah sebuah dorongan untuk memberikan penghargaan dari konsumen kepada karyawan. Setiap konsumen, baik pria maupun wanita memiliki motivasi yang berbeda dalam memberikan tip. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor apa saja yang menjadi motivasi pemberian tip oleh konsumen kepada karyawan, serta melihat apakah ada perbedaan signifikan antara pria dan wanita dalam motivasi pemberian tip. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat enam faktor yang terbentuk yang memotivasi pelanggan untuk memberikan tip yaitu Loyalty and Small Change, Empati dan Suasana, Staff Performance and Norms, Product Knowledge dan Gender Pelayan. Dalam Penelitian ini menunjukan bahwa konsumen pria dan wanita memiliki perbedaan motivasi pemberian tip, namun tidak signifikan.

Kata Kunci:

Motivasi, Tip, Pria, Wanita, Restoran

ABSTRACT

Tip is used as an award given by consumers to restaurant employees who have provided a satisfying service. The motivation for tipping is an encouragement to give reward from consumers to employees. Every consumer, both men and women have a different motivation for giving tips. This study aims to find out what factors motivate consumers to give tips to employees, and see if there are significant differences between men and women in motivating tips. The results of this study, there are six factors formed that motivate customers to give tips, including Loyalty and Small Change, Empathy and Atmosphere, Staff Performance and Norms, Product Knowledge and Waiter Gender. In this study, shows that male and female consumers have different motivations for tipping, but not significantly.

Keyword:

Motivation, Tipping, Men, Women, Restaurant

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.