PREFERENSI WISATAWAN MANCANEGARA DALAM MEMILIH HOTEL BERBINTANG DI KOTA SURABAYA

Sharon Sharon(1*), Meyske Meyske(2), Monika Kristanti(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui atribut hotel yang paling penting bagi wisatawan mancanegara dalam memilih hotel berbintang di Kota Surabaya dan meneliti perbedaan preferensi wisatawan mancanegara dalam memilih atribut hotel dilihat dari segi jenis kelamin, status menikah, motivasi bepergian, dan kelompok umur. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan menggunakan uji independent sample t-test dan one-way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi hotel yang baik adalah atribut hotel yang paling penting bagi wisatawan mancanegara. Penelitian ini pun menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan preferensi atribut hotel dilihat dari jenis kelamin, status menikah, dan motivasi bepergian. Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan preferensi atribut hotel dilihat dari kelompok umur.

 

Kata kunci : Atribut Hotel, Pemilihan Hotel, Hotel Berbintang di Kota Surabaya.

                               

Abstract

This study was conducted to determine the most important hotel attributes for foreign tourists in choosing starred hotels in Surabaya city and examine the differences in preferences of foreign tourists in choosing hotel attributes in terms of gender, marital status, travel motivation, and age groups. The analysis technique used in this research is descriptive statistics using the independent sample t-test and one-way ANOVA test. The results of this study indicate that a good hotel reputation is the most important hotel attribute for foreign tourists. This study also shows that there are significant differences in preferences for hotel attributes in terms of gender, marital status, and travel motivation. However, there is no significant difference in the preferences of hotel attributes seen from the age groups.

 

Keywords : Hotel Attributes, Selection of Hotels, Starred Hotels in Surabaya


Full Text:

PDF

References


Alananzeh, O. A., Al-Badarneh, M., Maaiah B., & Al-Mkhadmeh. A. A. (2018, November). The effect of hotel attributes on length of stay and hotel choices in coastal cities : Aqaba as a case study. Dirasat, Human and Social Sciences, 45(4), 275-289.

Badan Pusat Statistik. (2019). Hotel dan kamar menurut klasifikasi hotel. Retrieved from https://jatim.bps.go.id/statictable/2017/10/17/681/hotel-dan-kamar-menurut-klasifikasi-hotel-di-provinsi-jawa-timur-2016.html.

Badan Pusat Statistik. Kota Surabaya dalam angka 2018. Surabaya: Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.

Badan Pusat Statistik. Kota Surabaya dalam angka 2019. Surabaya: Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.

Badan Pusat Statistik. Provinsi Jawa Timur dalam angka 2019. Surabaya: Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.

Cha, D. S. (2014). Dahsyatnya bisnis hotel di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Chang, E., & Wong, S. (2005). Identifying and exploiting potential lucrative niche markets: The case of planned impulse travelers. Hong Kong Tourism SMEs, Service Quality and Destination Competitiveness, 295-311.

Darmayanti, T. (2012, December). Perilaku konsumen dari segi demografis. Retrieved from http://tiaiyayo.blogspot.com/2012/12/perilaku-konsumen-dari-segi-demografis.html.

Emmanuel, D. P. (2015). Rezim pertumbuhan Kota Surabaya studi tentang pembangunan dan revitalisasi hotel di Surabaya. Jurnal Politik Muda, 4(1), 71-78.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, A. (2012). Uji anova - one way anova dalam SPSS. Retrieved from https://www.statistikian.com/2012/11/one-way-anova-dalam-spss.html/uji-anova.

Hidayat, A. (2013). Penjelasan tentang uji normalitas dan metode perhitungan. Statistikian. Retrieved from https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html.

Hidayat, A. (2013). Penjelasan lengkap uji homogenitas. Retrieved from https://www.statistikian.com/2013/01/uji-homogenitas.html.

Jang, S., Liu, T., Hye, K., & Yang, H. (2018, March). Understanding important hotel attributes from the consumer perspective over time. Australian Marketing Journal, 26, 1, 23-30.

Jogiyanto. (2008). Metodologi penelitian sistem informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P. (2001). Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi, dan kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. In marketing management (13th ed). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.

Nur’Aini, N. (2014, February). Tinjauan Hotel Butik. Bogor : Institut Pertanian.

Rohman, H. (2019, Juli 08). BPS Jatim catat kunjungan wisatawan asing di Jatim pada semester pertama 2019 menurun. Tribun news. Retrieved from https://surabaya.tribunnews.com/2019/07/08/bps-jatim-catat-kunjungan-wisatawan-asing-di-jatim-pada-semester-pertama-2019-menurun.

Sari, E. M. (2015). Faktor-faktor penyebab rendahnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa (studi Desa Kembang Gading Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Universitas Lampung.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutomo, M. (2011). Citra hotel berbintang di daerah istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(1), 17-28.

William, R., Kaurav, R.P.S., & Baber, R. (2016, October). How travelers differ in their preferences regarding hotel selection: Empirical evidence from travelers in India. Asian Journal of Tourism and Hospitality Research, 8(9), 15-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.