ANALISA PENGARUH LOKASI DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP KONSUMEN POHON INN HOTEL

Stefanie Kusuma Ali, Dicky Larson Simdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan servicescape terhadap minat menginap konsumen Pohon Inn Hotel. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang pernah menginap di Pohon Inn Hotel. Hasil penelitian menunjukkan lokasi dan servicescape berpengaruh positif terhadap keputusan menginap Pohon Inn Hotel serta faktor lokasi menjadi yang dominan mempengaruhi keputusan menginap Pohon Inn Hotel. Diskusi lebih lanjut mengenai hasil penelitian dapat dilihat dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci:

Lokasi, Servicescape, Keputusan menginap.


This research aims to find out the impact of location and servicescape on staying decision. This research was conducted by distributing questionnaires to 150 respondents that had stayed at Pohon Inn Hotel. The results of the study show that location and servicescape positively affect staying decision in Pohon Inn Hotel and also the location factor becomes the dominant influence of staying decision in Pohon Inn Hotel. Further discussion of the research results can be seen in this research.

 

Keywords:

Location, Servicescape, Staying decision


Full Text:

PDF

References


Angelo, R.M. & Vladimir, A.N. (1996), Hospitaliy today : An introduction. Michigan: Educational Institute.

Bitner, M.J. (1992), Servicescapes: The Iimpact of physical surroundings on customers and employees. Journal of Marketing, 56(2), 57-71.

Chandra, S.M. & Tielung, M.V.J. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan lokasi terhadap keputusan konsumen menggunakan hotel Baliem Pilamo di Wamena. Jurnal EMBA, 3(3), 959-970.

Ghanimata, F. & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusna pembelian. Diponegoro Journal of Management, 1(2), 1-10.

Heizer, J. & Render, B. (2005). Operation management (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (jilid 1) (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran (jilid 2) (milenium ed.). Jakarta: PT. Prenhallindo.

Lovelock, C. & Wirtz J. (2011). Service marketing. New Jersey: Pearson.

Ma’arif, M.S. & Tanjung, H. (2004). Manajemen operasi (1st ed.). Jakarta: PT. Grasindo.

Moningka, R.F.C. & Loindong, S.S.R. (2016). Pengaruh servicescape dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Square. Jurnal EMBA, 4(2), 778-788.

Mustafid dan Gunawan, A. (2008). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian kripik pisang ”Kenali” pada PD. Asa Wira Perkasa di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen, (4)2, 123- 140.

Nurochani, N. & Mulyana, D. (2017). Pengaruh Servicescape dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 11-15.

Rondonuwu, G., Kelles, D., & Tamengkel, L.F. (2016). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pasar Swalayan Borobudur Manado). Jurnal Administrasi Bisnis, 4(4), 1-8.

Sukarelawati, E. (2014). Kunjungan wisatawan ke kota Batu capai 50 ribu. Editor Slamet Hadi Purnomo. Retrived September 25, 2017, from http://www.antarajatim.com/lihat/ berita/124250/kunjungan-wisatawan-ke-kota-batu-capai-50-ribu

Suryana (2006). Kewirausahaan pedoman praktis: Kiat dan proses menuju sukses (3rd ed.). Jakarta: Penerbit Salemba.

Tjiptono, F. (2009). Strategi pemasaran (2nd ed.), cetakan ketujuh, Yogyakarta : Andi. Offset.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.

TripAdvisor. Retrieved August 25, 2017, from https://www.tripadvisor.co.id/Hotels-g1237079-Batu_East_Java_Java-Hotels.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.