FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH RESTORAN “ALL YOU CAN EAT” DI SURABAYA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih restoran “all you can eat” di Surabaya. Dalam penelitian variabel yang di gunakan adalah harga, kualitas layanan, kualitas makanan, atmosfer restoran, dan lokasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk kota Surabaya. Dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah pernah makan di restoran “all you can eat”. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menujukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara harga, kualitas layanan, kualitas makanan, atmosfer restoran, dan lokasi terhadap keputusan pembelian dalam memilih restoran “all you can eat”. Hasil penelitian ini juga membuktikan harga merupakan variabel paling dominan untuk konsumen memilih restoran “all you can eat”.
Kata kunci : Keputusan konsumen, harga, kualitas layanan, kualitas makanan, lokasi, atmosfer restoran.
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, D. (2016). Mengenal Lebih Dekat Restoran All You Can Eat. Tanggal akses: 1
Desember 2017, dari http://www.restofocus.com/2016/03/mengenal-lebih-dekat
restoran-all-you.html.
Akbar, Y.A.A. & Alaudeen, M.S.S. (2012). Determinant of Factor That Influence Consumer
in Choosing Normal Full-Service Restaurant : Case in Seri Iskandar, Perak. Malaysia: South East Asian Journal of Contemporary Business, Economics and Law, Vol. 1.
Anwar,I. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.
Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen VoL. 4, No.12.
Cooper, D.R. & Schindler, P.S. (2011). Business research methods. Singapore : McGraw Hill.
Dessyana, C.J. (2013, july) Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Di Texas Chiken Multimart II Manado.Jurnal EMBA vol.1 no.3, 44-52.
Tanggal akses: 2 Maret 2015, dari http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article /viewFile/2949/2495.
Evans, B. d., & Lisan, R.M. (2010). Store Atmosphere. Bandung.
Francisca, C. (2014). Pengaruh Atmosfer Restoran Terhadap Proses Keputusan Pembelian
Konsumen di Restoran Sushi Miya8i,Jakarta Barat. Binus University. Jakarta
Ghozali, I. (2001), Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS, Badan Penerbit
Universitas Diponegoro, Semarang
Ghozali, I. (2005), Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS, Badan Penerbit
Universitas Diponegoro, Semarang
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grindy, B. (1998). Customer loyalty key to success. Restaurant USA. Retrieved March 5,
from: http://www.restaurant.org/research/magarticle.cfm?ArticleID=284
Hayat, A.W.M. (2015). Pengaruh Lokasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen pada Bistro Ouval Research di Buah batu Bandung. Unikom Bandung.
Bandung.
Kotler, P. (2001). Marketing Management Milenium 10th Edition. Prince Hall: Pearson Custom Publish.
Kotler, P. & Kevin, L, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, P. & Kevin, L, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jilid 2.
Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing 14th Edition. New Jearsey:
Pearson Education Inc.
Lap,K.D. (2017). The Role of Servicescape in Hotel Buffet Restaurant.Hongkong: J Hotel
Bus Manage 6: 152. doi: 10.4172/2169-0286.1000152.
Lovelock, C, H & Lauren K, W. Manajemen Pemasaran Jasa. (2005). Cetakan Pertama.
Jakarta: Indeks.
Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Penerbit Salemba
Empat.
Ma’arif, M. S. & Tanjung, H. (2004). Manajemen Operasi (1st ed.). Jakarta: PT. Grasindo.
Mardhotillah, I. C. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen di Baseball Food Court Universitas Negeri Surabaya. Universitas Negeri
Surabaya. Surabaya
Mischitelli, V. (2000). Your new Restourant (2nd ed). Canada: Adam Media Cooperation.
Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.
Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (1995) Food science (5th edition). New York: Chapman and
Hall.
Ratnaningrum, H. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis
Pertalite di Kota Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta
Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: pt. indek.
Sengkey, C.S. & Wenas, R.S. (2015). Analisis Citra Merek, Atmosfer Toko, dan Psikologis
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Time Out Sport Café IT Center Manado. Jurnal
EMBA, 3(1), 1162-1172.
Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, P. D. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati & Osmond, J. (2012). Pengaruh Persepsi Konsumen pada Kualitas Makanan,
Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Loving
Hut Surabaya. Universitas Kristen Petra. Surabaya.
Suwarman, U. (2004), Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran,
Penerbit: PT Ghalia Indonesia, Bogor.
Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, F. (2006), Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Walker, Y.(2008). Bangkitnya Bisnis Kuliner Tradisional, Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Wei, C. T. (2003). A Customer and Satisfaction Survey for A Chinese Buffet. Wisconsin:
University of Wisconsin-Stout.
Wibisono, D. (2013). Panduan penyusunan skripsi thesis & disertasi. Yogyakarta
Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualiras Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Pembelian di “D’Stupid Baker” Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 no. 12.
Widjaya, S. (2006). Analisa Harapan dan Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Makanan
yang Disediakan Oleh Maskapai Penerbangan Domestik di Indonesia. Jurnal
Manajemen Perhotelan. 2(1), 36-46.
Zuliani, S. (2005). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja di Mini
Market Sarinah Swalayan Ngalian Semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.