FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH RESTORAN “ALL YOU CAN EAT” DI SURABAYA

johan warisan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih restoran “all you can eat” di Surabaya. Dalam penelitian variabel yang di gunakan adalah harga, kualitas layanan, kualitas makanan, atmosfer restoran, dan lokasi. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk kota Surabaya. Dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah pernah makan di restoran “all you can eat”. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menujukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara harga, kualitas layanan, kualitas makanan, atmosfer restoran, dan lokasi terhadap keputusan pembelian dalam memilih restoran “all you can eat”. Hasil penelitian ini juga membuktikan harga merupakan variabel paling dominan untuk konsumen memilih restoran “all you can eat”.

 

Kata kunci : Keputusan konsumen, harga, kualitas layanan, kualitas makanan, lokasi, atmosfer restoran.

Full Text:

PDF

References


Akhmad, D. (2016). Mengenal Lebih Dekat Restoran All You Can Eat. Tanggal akses: 1

Desember 2017, dari http://www.restofocus.com/2016/03/mengenal-lebih-dekat

restoran-all-you.html.

Akbar, Y.A.A. & Alaudeen, M.S.S. (2012). Determinant of Factor That Influence Consumer

in Choosing Normal Full-Service Restaurant : Case in Seri Iskandar, Perak. Malaysia: South East Asian Journal of Contemporary Business, Economics and Law, Vol. 1.

Anwar,I. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.

Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen VoL. 4, No.12.

Cooper, D.R. & Schindler, P.S. (2011). Business research methods. Singapore : McGraw Hill.

Dessyana, C.J. (2013, july) Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen Di Texas Chiken Multimart II Manado.Jurnal EMBA vol.1 no.3, 44-52.

Tanggal akses: 2 Maret 2015, dari http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article /viewFile/2949/2495.

Evans, B. d., & Lisan, R.M. (2010). Store Atmosphere. Bandung.

Francisca, C. (2014). Pengaruh Atmosfer Restoran Terhadap Proses Keputusan Pembelian

Konsumen di Restoran Sushi Miya8i,Jakarta Barat. Binus University. Jakarta

Ghozali, I. (2001), Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS, Badan Penerbit

Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali, I. (2005), Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS, Badan Penerbit

Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Grindy, B. (1998). Customer loyalty key to success. Restaurant USA. Retrieved March 5,

from: http://www.restaurant.org/research/magarticle.cfm?ArticleID=284

Hayat, A.W.M. (2015). Pengaruh Lokasi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen pada Bistro Ouval Research di Buah batu Bandung. Unikom Bandung.

Bandung.

Kotler, P. (2001). Marketing Management Milenium 10th Edition. Prince Hall: Pearson Custom Publish.

Kotler, P. & Kevin, L, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P. & Kevin, L, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jilid 2.

Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing 14th Edition. New Jearsey:

Pearson Education Inc.

Lap,K.D. (2017). The Role of Servicescape in Hotel Buffet Restaurant.Hongkong: J Hotel

Bus Manage 6: 152. doi: 10.4172/2169-0286.1000152.

Lovelock, C, H & Lauren K, W. Manajemen Pemasaran Jasa. (2005). Cetakan Pertama.

Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Penerbit Salemba

Empat.

Ma’arif, M. S. & Tanjung, H. (2004). Manajemen Operasi (1st ed.). Jakarta: PT. Grasindo.

Mardhotillah, I. C. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen di Baseball Food Court Universitas Negeri Surabaya. Universitas Negeri

Surabaya. Surabaya

Mischitelli, V. (2000). Your new Restourant (2nd ed). Canada: Adam Media Cooperation.

Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Potter, N. N., & Hotchkiss, J. H. (1995) Food science (5th edition). New York: Chapman and

Hall.

Ratnaningrum, H. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen dalam Pembelian Bahan Bakar Minyak Jenis

Pertalite di Kota Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: pt. indek.

Sengkey, C.S. & Wenas, R.S. (2015). Analisis Citra Merek, Atmosfer Toko, dan Psikologis

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Time Out Sport Café IT Center Manado. Jurnal

EMBA, 3(1), 1162-1172.

Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, P. D. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati & Osmond, J. (2012). Pengaruh Persepsi Konsumen pada Kualitas Makanan,

Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Loving

Hut Surabaya. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Suwarman, U. (2004), Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran,

Penerbit: PT Ghalia Indonesia, Bogor.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, F. (2006), Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Walker, Y.(2008). Bangkitnya Bisnis Kuliner Tradisional, Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.

Wei, C. T. (2003). A Customer and Satisfaction Survey for A Chinese Buffet. Wisconsin:

University of Wisconsin-Stout.

Wibisono, D. (2013). Panduan penyusunan skripsi thesis & disertasi. Yogyakarta

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualiras Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Pembelian di “D’Stupid Baker” Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 no. 12.

Widjaya, S. (2006). Analisa Harapan dan Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Makanan

yang Disediakan Oleh Maskapai Penerbangan Domestik di Indonesia. Jurnal

Manajemen Perhotelan. 2(1), 36-46.

Zuliani, S. (2005). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja di Mini

Market Sarinah Swalayan Ngalian Semarang. Universitas Negeri Semarang. Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.