ANALISA PENGARUH PEKERJAAN ITU SENDIRI, KOMPENSASI, REKAN KERJA, DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL RESTORAN CARNIVOR STEAK AND GRILL SURABAYA

Ivan Suciadi(1*), Michael Angelo Wijaya(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Analisa Pengaruh Pekerjaan itu sendiri, Kompensasi, Rekan Kerja dan Supervisi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Restaurant Carnivor Steak & Grill Surabaya
Karya tulis ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pekerjaan itu sendiri, kompensasi, rekan kerja dan supervisi terhadap kepuasan kerja karyawan di Restaurant Carnivor Steak & Grill Surabaya. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena semakin menjamurnya kafe dan restoran serta gaya hidup baru orang Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan total jumlah 51 responden yang merupakan pegawai restoran Restaurant Carnivor Steak & Grill. Dengan menyebar kuesioner offline menggunakan alat bantu SPSS, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pekerjaan itu Sendiri, Kompensasi, Rekan Kerja dan Supervisi secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif pada kepuasan kerja.

 

Influence Analysis of Work itself, Compensation, Coworkers and Supervision of Job Satisfaction Employees at Restaurant Carnivor Steak & Grill Surabaya
This paper aims to analyze the influence of the work itself, compensation, coworkers and supervision on employee’s job satisfaction at Carnivor Steak & Grill Restaurant Surabaya. As for the background of this research because of the increasing proliferation of cafes and restaurants and new lifestyle people of Surabaya. The method used in this study is a quantitative method with a total of 51 respondents who are employees of Restaurant Carnivor Steak & Grill. Using offline questionnaire and the SPSS, the study shows that at the work itself, compensation, co-workers and supervision partially and simultaneously have positive effect to job satisfaction.


Keywords


Pekerjaan itu sendiri, Kompensasi, Rekan Kerja, Supervisi, Kepuasan Kerja.

Full Text:

PDF

References


As'ad. (2000). Seri ilmu sumber daya manusia psikologi industry. Yogyakarta: Liberti.

Bashayreh, A.M. (2009). Organisational culture and job satisfaction: a case of academic staffs at university utara Malaysia (UUM). Retrieved April 9, 2017, from http://ep3.uum.edu.my/1632/1/Anas_Mahmoud_Khaled_Bashayreh.pdf

Dessler, G. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Prehallindo: Jakarta.

Devin, N. T., & Meilinda, S. (2014). Analisis pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan food and beverage "X" hotel surabaya. Jurnal Management, 1(5), 58-69.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (2000). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen personalia dan sumber daya manusia, edisi ke-12. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen sumber daya manusia: pengertian dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Gunung Agung.

Hasibuan, M. (2003). Manajemen sumber daya manusia, edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariandja, M. T. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. Grasindo.

Hasley. (2001). Pendekatan manusiawi dan organisasi terhadap pembinaan kepegawaian. Jakarta: Gunung Agung.

Indermun, V., & Bayat, M. S. (2013). The job satisfaction-employee performance relationship: a theoretical perspective. International Journal of Innovative Research in Management, 2 (11).

Jamilu, B. S., Ezekiel, C., & Subashini, S. (2015). The impact of compensation on the job satisfaction of public sector. The Business and Management Review, 6(4), 282-296.

Luthans, F. (2002). The need for and meaning of positive organizational behavior. Journal of Organizational Behavior, 23, 695-706.

Luthans, F. (2005). Organizational behavior. New York: McGraw-Hills International Edition.

Luthans F. etj al., (2006). Psychological capital development: toward a micro-intervention. Journal of Organizational Behavior, 27, 387–393.

Mas’ud, F. (2004). Survai diagnosis organisasional. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Moekijat. (1992). Latihan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: CV. Mandar Maju.

Munandar, A.S. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Depok: Penerbit Universitas Indonesia (UIPress).

Nitisemito A. S. (1992). Manajemen dan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE UGM.

Opkara, J.O. (2002). The impact of salary differential on managerial job satisfaction: a study of the gender gap and its implications for management education and practice in a developing economy. Journal of business and development nation, 46 (1), 65-92.

Panggabean, S.M. (2004). Manajemen sumber daya manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Parvin, M. M., & Kabir, M. M. (2011). Factors affecting employee job satisfaction of the pharmaceutical sector. Australian journal of business and management research, 1(9), 113–123.

Rivai, V. (2004). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P., & Coulter, M. (2002). Manajemen. Jakarta: Gramedia.

Robbins, S. P. & Timothy A.J. (2009). Organizational behaviour, three edition. USA: Pearson International Edition, Prentice -Hall.

Ruky, A.S. (2002). Sistem manajemen kinerja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sampson & Akyeampong, D.A. (2014). Work –related stres in hotels: an analysis of the causes and effect among frontline hotel employees in the Kumasi Metropolis, Ghana. Journal of tourism and hospitality, 3(127).

She-Cheng, L. & Jennifer, Shu, Jen-Lin (2011). Impact of coworker’s relationships on organizational commitment- and intervening effects of job satisfaction. African Journal of Business Management, 5(8), 3396-3409.

Shockley-Zalabak, P.S. (2006). Fundamentals of organisational communication. Boston: Pearson Education Inc.

Bedjo, S. (2000). Manajemen tenaga kerja. Bandung: Sinar Baru. Sopiah. (2008). Perilaku organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudriamunawar, H. (2006). Kepemimpinan, peran serta dan produktivitas. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, A. T. & Rosidah. (2003). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sumarsono, S. (2003). Ekonomi manajemen sumber daya manusia dan ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuwono & Khajar, I. (2005). Analisis beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja pegawai kejaksaan tinggi D.I. Yogyakarta. Journal of Business Review Indonesia, 1 (1), 75-89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.