ANALISA PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CATURRA ESPRESSO

Authors

  • Christian Djohansjah
  • Cornelius Victor Pratomo

Keywords:

Activity Involvement, Customer loyalty, Customer Satisfaction, Marketing Strategy, Product.

Abstract

Karya tulis ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Store Atmosphere, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Caturra Espresso. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena munculnya banyak usaha cafe dan restoran serta perubahan gaya hidup masyarakat di Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif kausal dengan total jumlah 100 responden yang merupakan konsumen dari Caturra Espresso. Dengan menggunakan metode analisa regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Store Atmosphere dan kualitas layanan tidak.

 

The purpose of this research is to know the influences of Store Atmosphere, Product Quality and Service Quality toward Customer Buying Decision in Caturra Espresso. We choose this background because there are a lot of cafe and restaurant businesses and lifestyle change in Surabaya. We use quantitative causal method with total of 100 respondents who are consumers of Caturra Espresso. Using multiple linear regression analysis method, the result of this research shows that product quality in Caturra Espresso have a positive and significant influence toward customer buying decision, whereas Store Atmosphere and service quality do not have the influence.

References

The IESNA Lighting Handbook, Ninth Edition. (2000). USA: Illuminationg.

Berman, B., & Evan, J. (2012). Retail Management: A Strategic Approach. New York: Upper Saddle River.

Frankel, J., & Wallen, N. (2003). How to design and evaluate research in education. (6th ed.). New York: McGraw Hill Inc.

Gay, L. R., & Diehl, P. L. (2002). Research methods for business and management. (4th ed.). New York: MacMillan Publishing Company.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

(2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Edisi Kelima. Semarang: UNDIP.

Harmani. (2008). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Pasar Turi Baru Surabaya.

Haryono, T. 2016. Potensial, Surabaya jadi incaran pebisnis kafe & restoran baru. (2016, Juni 24). Retrieved Maret 30, 2017, from http://www.kabarbisnis.com/read/2868113/potensial--surabaya-jadi-incaran-pebisnis-kafe---restoran-baru. 24 Juni 2016.

Hasan, I. (2004). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Husein, U. (2004). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Jajeli, R. 2016. Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Tahun 2016 Naik 0,23 Persen. (2016, Desember 25). Retrieved Maret 30, 2017, from https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3380479/pertumbuhan-ekonomi-jawa-timur-tahun-2016-naik-023-persen. 25 Desember 2016.

Kettler, & Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Keduabelas. Jakarta: PT.Indeks.

Kotler, P. (2012). Principles of Marketing 14th Edition. New York: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & G, A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

& (2011). Principle of Marketing 5th Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall Internasional Edition.

Kountur, R. (2007). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Kusumah. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Di Semarang.

Lawson, B. (2002). Healing Architecture, Architectural Review.

Levi, & Weitz. (2009). Retailing Management. New York: McGraw Hill.

Malhotra, N. (2012). Basic Marketing Research. (4th ed.). Saddle River: Pearson Prentice Hall. Intl.

Margono, D. S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ma'ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mowen, J. (2014). Consumer Behaviour. New York: McGraw Hill.

Munandar, A. S. (2011). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Muslim, S.A., Kamela, I., & Rosha, Z (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Safari Café Padang.

Ryu, K., & Han, H. (2010). Influence on the quality of food, service, and physical environment on customer satisfaction and behavioral intention in quick-casual restaurants: moderating role of perceived price. Journal of Hospitality and Tourism Research.

Samuel, H., Kosasih, A. V., & Novia, H. (2007). Perilaku dan keputusan pembelian konsumen restoran melalui stimulus 50% discount di Surabaya.Jurnal Manajemen Pemasaran.

Santosa, B. P. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta: PT.Indeks.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

(2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Singarimbun, E. S. (2006). Metode Penelitian Survei Cetakan Kedelapanbelas. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suptandar. (2004). Faktor Akustik dalam Perancangan Desain Interior. Jakarta: Ikrar Mandiriabadi.

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

(2005). Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Malang: Bayu Media Publishing.

(2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

West, Wood, & Harger. (2007). Advertising & Promotion: an IMC Perspective. 8th ed.

Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2003). Services Marketing (International Edition). Singapore: McGraw Hill Companies,Inc.

Downloads