ANALISA EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN INTERAKTIF MELALUI INSTAGRAM MENGGUNAKAN CUSTOMER RESPONSE INDEX (STUDI PADA KAFE DE MANDAILING DI SURABAYA)

Natasia Birgita Aiwan(1*), Elisabeth Jessica P.S.G(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Objek yang diangkat dalam penelitian ini adalah Instagram Kafe De Mandailing (@demandailingcafe). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas komunikasi pemasaran interaktif melalui media sosial Instagram Kafe De Mandailing. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan total 387 responden yang merupakan followers dari @demandailingcafe. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Customer Response Index sebagai alat ukur efektivitas komunikasi pemasaran. Pengukuran menggunakan metode ini didasari oleh teori Hierarchy-of-Effects dan didukung oleh teori penggunaan media sosial yang terdiri dari 4Cs yaitu Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran interaktif melalui Instagram Kafe De Mandailing (@demandailingcafe) telah menggunakan komponen 4Cs untuk mencapai komunikasi pemasaran yang efektif dengan nilai CRI adalah 51%.

 

The object of this study is Instagram of De Mandailing Café. This study aims to analyze the effectiveness of interactive marketing through Instagram @demandailingcafe. This study use a quantitative method with 387 respondents which are the followers of @demandailingcafe Instagram. The analysis technique used is Customer Response Index as a tool to measure the effectiveness of marketing communication. This method is based on Hierarchy-of-Effects theory and supported by 4Cs framework in running social media, which are Context, Communication, Collaboration, and Connection. Research shows that @demandailingcafe Instagram is effective as an interactive marketing communication with score CRI 51%.


Keywords


Media Sosial, Komunikasi Pemasaran Interaktif, Instagram

Full Text:

PDF

References


Best, R. J. (2012). Market-Based Management : Strategies for growing customer value and profitability (6th ed.). New Jersey: Pretince Hall.

Darmadi, D., Wachidin, A., & Supratikno, H. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Debicka, O. (2014). Internet marketing in hotels- dilemas and challenges of web pages building. Faculty of Tourism and Hospitality Management in Opattija. Biennal International Congress. Tourism & Hospility Industry. ProQuest.262, 1-12.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Bussines Horizons , 53(1), 59-68.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Marketing management (13th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Lee, S., & Jeong, M. (2012). Effect of e-servicescape on consumers' flow experiences. ProQuest, 3(1),47-59.

Nguyen, H. S. (2013). The hierarchy model of advertising effects: A debate. Science Journal of HCMC Open University, 8(18), 92-96.

Paquette, H. (2013). Social media as a marketing tool: A literature review. Majors Papers by Master of Science Students. Retrieved from: http://digitalcommon.uri.edu/tmd_major_papers/2

Purnama, L. (2001). Strategi marketing plan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Solis, B. (2010). Engage : The complete guide for brands and businesses to build, cultivate and measure success in the new web. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Wurinanda, I. (2015). Efektivitas promosi produk ayam suwir "Si kentung melalui twitter”. Institut Pertanian Bogor, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.