ANALISA PRODUK, PROSES DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PEPPER LUNCH TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Authors

  • Heldi Heldi
  • Christine Desmonda Purnomo

Keywords:

Shopee, E-Commerce, E-service Quality, Online Perceived Value, E-Satisfaction

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh kualitas makanan, proses dan harga terhadap kepuasan konsumen di Pepper Lunch Tunjungan Plaza Surabaya. Teknik analisa yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas makanan, proses dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, namun variabel harga memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan konsumen.

 

This study was conducted to analyze the impact of food quality, process and price towards consumer satisfaction in Pepper Lunch Tunjungan Plaza Surabaya. The analysis technique used in the research is quantitative descriptive. The instrument used is multiple linear regression analysis. Result showed that food quality, process, and price is positive and significantly affecting consumer satisfaction, however price has the most impact towards consumer satisfaction.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ayodya, W. (2007). Kursus singkat usaha rumah makan laris manis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Badan Pusat Statistik. (2014). Restoran dan rumah makan di Indonesia. Retrieved November 23, 2017, from https://www.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Statistik-Restoran-Rumah-Makan-2014--.pdf.

Back, K., J. (2012). Impact-range performance analysis and asymmetry analysis for improving quality of Korean food attributes. International Journal of Hospitality Management 31, 535-543.

Chandra, S., O. (2010). Analisa kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran pada W Grill and Lounge di Surabaya. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Dharmmesta, & Irawan. (2000). Manajemen pemasaran modern edisi 2. Yogyakarta: Liberty.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS edisi 4. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J., F., Jr., Black, W., C., Babin, B., J., & Anderson, R., E. (2010). Multivariate data analysis. New Jersey: Pearson Education Inc.

Knight, J., B., & Kotschevar, L., H. (2000). Quantity food production, planning and management. New York: John Wiley and Sons.

Kotler, P. (2006). Manajemen pemasaran edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar-dasar pemasaran edisi 9. Jakarta: PT. INDEKS.

Kotler, P., & Keller, K., L. (2009). Manajemen pemasaran edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kraljević, R., & Filipović, Z. (2017). Gender differences and consumer behavior of millenials. Acta Economica Et Turistica 3(1), 5-13.

Kuncoro, M. (2009). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi, edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Kuriasari, A. (2015). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas makanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di restoran Ralana Solo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahendraswari, R. (2014). Pengaruh bauran pemasaran (7P) terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen di Rumah Makan Bebek Gendut di Kota Bogor. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Nasution, S., M., A. (2003). Metode research (Penelitian ilmiah) cetakan 6. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Petzer, D. (2014). Dining atmospherics and food and service quality as predictors of customer satisfaction at sit-down restaurants. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure 3(2), 1-14.

Rahman, M., A., Kalam, A., Rahman, M., M., & Abdullah, M. (2012). The influence of service quality and price on customer satisfaction: An empirical study on restaurant services in khulna division. Research Journal of Finance and Accounting 3(4), 8-16.

Rozekhi, N., A., Hussin, S., Siddiqe, A., S., K., A., R., Rashid, P., D., A., & Salmi, N., S. (2016). The influence of food quality on customer satisfaction in fine dining restaurant: case in Penang. International Academic Research Journal of Business and Technology 2(2), 45-50.

Siahaan, G., Nainggolan, E., Lestrina, D. (2015). Hubungan asupan zat gizi dengan trigliserida dan kadar glukosa darah pada vegetarian. Indonesian Journal of Human Nutrition 2(1), 48-59.

Soekresno. (2000). Manajemen food and beverage, edisi 2. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Swastha, B., & Irawan. (2005). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2004). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.

Umar, H. (2003). Metode riset komunikasi organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zeithaml, V., A., Bitner, M., J., & Gremler, D., D. (2006). Services marketing: integrating customer focus across the firm (4th ed.). New York: McGrawHill/Irwin.

Downloads