ANALISA PERBEDAAN PERILAKU ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN USIA KARYAWAN RESTORAN DI SURABAYA

Authors

  • Jessica Roedyanto

Keywords:

Corporate Social Responsibility, sustainability, employee performance, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa perbedaan perilaku organizational citizenship behavior (OCB) berdasarkan jenis kelamin dan usia karyawan restoran di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 350 responden yang merupakan karyawan speciality restoran di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan perilaku OCB berdasarkan jenis kelamin dan usia karyawan restoran secara keseluruhan.

 

This study was conducted to analyze the differences in organizational citizenship behavior (OCB) based on gender and age of restaurant employees in Surabaya. This study uses quantitative approach by distributing questionnaires. The questionnaires distributed to 350 respondents who are employees of specialty restaurants in Surabaya. The results showed that there was no difference in OCB behavior based on gender and age of restaurant employees overall.

References

Adhiyana, M. (2009). Dimensi organizational citizenship behavior (OCB) dalam kinerja organisai. Jurnal Ilmu Administrasi, 4(2), 109-184.

Bahrami, M. A., Montazeralfaraj, R., Gazar, S. H., & Tafti, A. D. (2013). Demographics determinants of organizational citizenship behavior among hospital employees. Global Business and Management Research: An International Journal, 5(4), 171-178.

Djati, S. P. (2009). Variabel anteseden organizational citizenship behavior (OCB) dan pengaruhnya terhadap service quality pada perguruan tinggi swasta di surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(3), 728-735.

Frankel, J., & Wallen, N. (1993). How to design and evaluate research in education. New York: Mcgraw-Hill Inc.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariatdengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Koloway, B. C. (2017, Febuari 27). Bisnis Kuliner di Surabaya Diyakini Tumbuh 20 Persen Tahun ini, Faktor Pendorongnya ternyata Hal ini. (Parmin, Editor) Retrieved from Surya: http://surabaya.tribunnews.com/2017/02/27/bisnis-kuliner-di-surabaya-diyakini-tumbuh-20-persen-tahun-ini-faktor-pendorongnya-ternyata-hal-ini

Kusumajati, D. A. (2014). Organizational citizenship behavior (OCB) karyawan pada perusahaan. Humaniora, 5(1), 62-70.

Adhiyana, M. (2009). Dimensi organizational citizenship behavior (OCB) dalam kinerja organisai. Jurnal Ilmu Administrasi, 4(2), 109-184.

Bahrami, M. A., Montazeralfaraj, R., Gazar, S. H., & Tafti, A. D. (2013). Demographics determinants of organizational citizenship behavior among hospital employees. Global Business and Management Research: An International Journal, 5(4), 171-178.

Djati, S. P. (2009). Variabel anteseden organizational citizenship behavior (OCB) dan pengaruhnya terhadap service quality pada perguruan tinggi swasta di surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(3), 728-735.

Frankel, J., & Wallen, N. (1993). How to design and evaluate research in education. New York: Mcgraw-Hill Inc.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariatdengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Koloway, B. C. (2017, Febuari 27). Bisnis Kuliner di Surabaya Diyakini Tumbuh 20 Persen Tahun ini, Faktor Pendorongnya ternyata Hal ini. (Parmin, Editor) Retrieved from Surya: http://surabaya.tribunnews.com/2017/02/27/bisnis-kuliner-di-surabaya-diyakini-tumbuh-20-persen-tahun-ini-faktor-pendorongnya-ternyata-hal-ini

Kusumajati, D. A. (2014). Organizational citizenship behavior (OCB) karyawan pada perusahaan. Humaniora, 5(1), 62-70.