ANALISA PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY DI RESTORAN D'COST SURABAYA

Pricillia Efendy(1*), Yessica Suryadinata(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan ekonomi saat ini mengakibatkan perubahan pola konsumsi. Dimana kegiatan makan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan asupan harian. Karena pada kehidupan moderen ini masyarakat lebih mementingkan kepuasan atau kesenangan. Hal ini mendorong banyaknya restoran bermunculan yang mengakibatkan kondisi persaingan yang semakin ketat. Untuk dapat bertahan, restoran harus mampu menciptakan kesetiaan konsumen terhadap brand restoran itu sendiri.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh brand image terhadap brand loyalty, brand trust terhadap brand loyalty, dan brand image terhadap brand trust di restoran D'COST Surabaya.

Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS) digunakan dalam penelitian ini dan diperoleh hasil bahwa pengaruh brand image terhadap brand loyalty yaitu secara langsung dan tidak langsung. Dimana pengaruh terbesar adalah pengaruh tidak langsung dari brand image terhadap brand loyalty dengan brand trust sebagai variabel mediasi. 


Keywords


Brand Image, Brand Trust, Brand Loyalty

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. (2001). Managing brand equity. New York: The Free Press.

Anderson, E. N. (2005). Semua orang makan pemahaman makanan dan kultur. New York: New York University Press.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur. (2012). Pebisnis restoran gencar ekspansi. Retrieved August 16, 2012. From http://bappeda.jatimprov.go.id/2012/08/16/pebisnis-restoran-gencar-ekspansi/

Bastian, D, A. (2014). Analisa pengaruh citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-9.

Delgado, B., Elena., Munuera, A., Louis, J., Guillen, Y., & Jesus, M. (2003). Development and validation of a brand trust scale. International Journal of Market Research, 45(1), 35-53.

Ferdinand, A. (2000). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ferrinadewi, E. (2008). Pengaruh threat emotion konsumen dan brand trust pada keputusan pembelian produk susu Anlene di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Ghozali, I. (2011). Structural equation modelling metode alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istijanto. (2005). Aplikasi praktisi riset pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keller, K. L. (2003). Strategic brand management : building, measurement, and managing brand equity. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Kotler, P. (2006). Manajemen pemasaran (11th ed.). Jakarta: Indeks kelompok, Gramedia.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2006). Marketing management (12th ed.). Upper Saddle River : Pearson Education, Inc.

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers trust in a brand and the link to brand loyalty. Journal of Market Focused Management.

Moisescu, O, I. (2007). A conceptual analysis of brand loyalty as core dimension of brand equity. MPRA. Retrieved April 18, 2009. From http://mpra.ub.unimuenchen.de/7504/.pdf

Morgan, R. & Hunt, S. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing. 58(3), 20-38.

Peter, J.P. & Oslon, J.C. (2003). Consumer behaviour and marketing strategy (6th ed.). Singapore: McGraw Hill.

Rakhmat, J. (2005). Metode penilitian komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rizan, M., Saidani, B., & Sari, Y. (2012). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyalty Teh Botol Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 3(1).

Sekaran, U. (2000). Research methods for business, a skill-building approach (3rd ed.). America : John Wiley & Sons, Inc.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen. Jakarta: Kencana.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (2006). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. (2003). Statistik untuk penelitian (5th ed.). Bandung: Alfabeta.

Top Brand Award. (2012). Top brand index 2012 fase 2 kategori makanan dan minuman. Retrieved 2012. From http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2012_fase_2

Top Brand Award. (2013). Top brand index 2013 fase 2 kategori makanan dan minuman. Retrieved 2013. From http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2013_fase_2

Top Brand Award. (2014). Top brand index 2014 fase 2 kategori makanan dan minuman. Retrieved 2014. From http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2014_fase_2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.