ANALISA FAKTOR - FAKTOR YANG MENDORONG KONSUMEN DALAM MEMILIH RESTORAN MCDONALD’S DI SURABAYA

Beatrice Amanda Adipradja(1*), Aprillia Listiani(2), Hanjaya Siaputra(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


McDonald’s di seluruh dunia mengalami penurunan penjualan sejak tahun 2010, tetapi McDonald’s di Indonesia, khususnya di Surabaya justru menambah satu gerai McDonald’s baru pada tahun 2013. Hal ini dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan frekuensi kunjungan dan peningkatan penjualan produk McDonald’s di Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mendorong pengunjung restoran McDonald’s di Surabaya. Penelitian ini bersifat eksploratif yang bertujuan untuk menemukan faktor baru yang mendorong konsumen dalam memilih restoran McDonald’s di Surabaya. Populasi yang digunakan adalah masyarakat Surabaya, sebanyak 250 sampel. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terbentuk dua faktor baru, yaitu faktor gaya hidup dan faktor emosional.

Keywords


Faktor, McDonald’s, dan Surabaya

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Akhlis. (2014, September 10). Penjualan McDonald anjlok 14,5% di Asia. Retrieved May 25, 2015, from http://www.ciputraentrepreneurship.com

Caratri, L. (2014, March 11). Penurunan penjualan McDonald’s dalam dua tahun terakhir. Retrieved May 25, 2015, from http://businesslounge.co.id

CNNMoney. (2015, April 23). Profits crumbling, sales shrinking, guest traffic declining: McDonald’s to close at least 900 stores. Retrieved May 25, 2015, from http://fox6now.com

Firmansyah, W. A. (2010, September 27). Potensi bisnis "food and beverage" masih tinggi. Retrieved May 25, 2015, from http://nasional.kompas.com

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Principles of marketing (11th ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Levy, & Weitz. (2012). Retailing management information center. New York: McGraw-Hill Higher Education.

McDonald's. (n.d.). Retrieved April 18, 2015, from http://www.mcdonalds.com

Pallant, J. (2011). SPSS survival manual (4th ed.). Sydney: Midland Typesetter.

Santoso, S. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sigit. (2013, September 19). McD Indonesia tambah 14 gerai sampai akhir tahun. Retrieved May 25, 2015, from http://www.kabarbisnis.com

Simamora, B. (2005). Paduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryoatmono, B. (2007). Statistia nonparametik dan penerapannya dalam penelitian manajemen (online). Retrieved April 18, 2015, from http://home.Unpar.ac.id

Walker, J., & Lundberg, D. (2005). The restaurant: From concept to operation (5th ed.). Canada: John & Sons, Inc.

Wijaya, S. (2005). Studi eksploratif perilaku mahasiswa UK. Petra dalam memilih fast food restaurant dan non fast food restaurant di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 1, No. 2, 80-86.

Wilson, S., & Gilligan. (2005). Strategic marketing management. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Yoga, P. (2013, September 17). McDonald’s targetkan operasional 166 gerai tahun ini. Retrieved May 25, 2015, from http://www.infobanknews.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.