PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SANCTUARY DI SURABAYA

Fredy Sugiman(1*), Rika Mandasari(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian di Sanctuary. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisa regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan 110 responden sebagai sampel penelitian dengan melakukan survei kepada konsumen di Sanctuary. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa keempat variabel store atmosphere yang terdiri dari general exterior, general interior, store layout, dan interior display berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Sanctuary. Dari keempat variabel store atmosphere tersebut, variabel interior display merupakan variabel yang paling berpengaruh signifikan.

Keywords


Store Atmosphere, General Exterior, General Interior, Store Layout, Interior Display, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2010). Dampak store atmosphere terhadap keputusan pembelian. Jurnal Aplikasi Manajemen, 8(3), Agustus 2010. Malang: Universitas Brawijaya.

Astuti, W. S. S. , Wahyuningsih, E., Winarti, E., & Yatna, C. N. (2014). Pengaruh atmosfer toko dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan Centro Department Store di The Plaza Semanggi. Retrieved July 5, 2015, from http://repository.perbanasinstitute.ac.id

Bank Mandiri Indonesia (2015). Industry update. Retrieved June 6, 2015, from http://www.bankmandiri.co.id

Berman, B., Evans, J. R. (2007). Retail management: A strategic approach (10th ed.). New Jersey: Prentice Hall Inc.

Dessyana, C. J. (2013). Store atmosphere pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen di Texas Chicken Multimart II Manado. Jurnal EMBA, 1(3). Retrieved April 3, 2015, from http://ejournal.unsrat.ac.id

Fuad, M. (2010). Store atmosphere dan perilaku pembelian konsumen di toko buku Gramedia Malang. Malang: Universitas Gajayana.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

_________. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM. SPSS 19 (5th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, K. & Keller, K.L. (2012). Marketing management (14th ed.). Global Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kuncoro, M. (2009). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi bagaimana meneliti dan menulis tesis (3rd ed.). Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, D. & Kunto, Y. S. (2013). Pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan shoping emotion sebagai variabel intervening studi kasus di Matahari Department Store cabang Supermall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-8. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Kusumowidagdo, A., Sachari, A., Widodo, A. (2012). The impact of atmospheric stimuli of stores on human behavior. Retrieved July 5, 2015 from http://www.sciencedirect.com

Mowen, J.C. & Michael, M. (2002). Perilaku konsumen (5th ed.). (Dwi Kartika Yahya, Trans.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nell, C. (2013). Exploring the influence of store atmospherics on consumers’ buying behaviour in apparel retail stores: An exploratory study in Tshwane. Retrieved July 5, 2015, from http://uir.unisa.ac.za/

Pan, FC., Su, SJ., Chiang, CC. (2008). Dual attractiveness of winery: Atmospheric cues on purchasing. International Journal of Wine Business Research, 20(2), 95-110. Emerald Group Publishing Limited.

Priyatno, D. (2013). Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Mediakom.

Schiffman, K. & Kanuk, L. L. (2000). Consumer behavior (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Sofiari, A. (2008). Analisa pengaruh variabel store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada toko roti Singapore Donuts & Bakery cabang Sidoarjo. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Valentine, K. (2014). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Dakken Coffee & Steak Bandung. (Nomor Katalog: 14.04.992). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Telkom, Bandung. Retrieved July 5, 2015, from http://repository.telkomuniversity.ac.id/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.