Analisa Persepsi Konsumen Terhadap Ekuitas Merek di Hotel "X" Surabaya

Suryani Felita(1*), Vivi Valerian Jayaatmaja(2), Agustinus Nugroho(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana persepsi konsumen terhadap ekuitas merek di Hotel “X” Surabaya. Ekuitas merekterdiri dari tiga dimensi yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Teknik analisa yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, crosstab, top two boxes bottom two boxes, serta chi square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, persepsi konsumen terhadap ekuitas merekyang didapatkan konsumen di Hotel ”X” Surabaya sudah baik. Selain itu, persepsi konsumenyang dirasakan dalam tiga dimensi ekuitas merek yaitu kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan persepsi kualitas yang memiliki nilai mean tertinggi dari dua dimensi yang lain. Sementara itu, persepsi konsumenternyata memiliki hubungan signifikan terhadap ekuitas merek di Hotel “X” Surabaya. 

Keywords


Persepsi konsumen, ekuitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, loyalitas merek.

Full Text:

PDF

References


Baalbaki, S.S. ( 2012). Customer Perseption of Brand Equity Measurment: A New scale.

Industri Perhotelan dan Tren Pariwisata di Indonesia.June 18, 2014, from http://enciety.com/news-item/industri-perhotelan-dan-tren-pariwisata-di-indonesia-2/

Keller, K.L. (2008). Strategy Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity.Third edition. New Jersey: Pearson Educaton

Kotler. P.,Amstrong.(2001).Prinsip-Prinsip Manajemen, Jilid 1 Edisi Kedelapan,Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing, MBA., Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kurniawan, B. (2012). Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: Jelajah Nusa

Moisescu, O.I., Allen. B. (2010). The Relationship Between The Dimensions of Brand Loyalty, An Emperical Investigation Among Romanian Urban Consumers. Management and Marketing Challenges for Knowledge Society. Vol. 5, No. 4, pp. 83-98.

Namet al. (2011). Brand equity, BrandLoyalty and Consumer Satisfaction. Annals of TourismResearch. Vol.38, pp. 1009–1030.

Netemeyer et al. (2004). Developing and Validating Measures of Facets of

Customer-Based Brand Equity. Journal of Business Research.

Philip, K., Keller, K.L. (2009).Manajemen Pemasaran.Edisi 13Jilid 1. Jakarta.

Qamariah, I., Fadli. (2008). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Ekuitas Merek Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 2.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ukpebor, P., Ipogah, B. (2008). Study to Indicate The Importance of Consumer Based Brand Equity on Consumer Perception of Brand. Thesis

Yoo, B., Donthu, N., Lee, S. (2000). An Examination of SelectedMarketing Mix Elements and Brand Equity.Journal of the Academy of Marketing Science. Vol. 28. No. 2.p. 195-211.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.