ANALISA PENGARUH PERCIEVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP PERFORMANCE MELALUI AFFECTIVE COMMITMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI PIZZA HUT RAYA KUPANG INDAH SURABAYA

William Setiomuliono(1*), Jeffran Stevanus Gunawan(2), Agustinus Nugroho(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Performance merupakan salah satu aspek terpenting yang harus dimiliki oleh seluruh karyawan dalam suatu organisasi. Dalam penelitian kali ini, peneliti menggunakan affective commitment sebagai variabel yang mempengaruhi performance pada karyawan Pizza Hut. Dalam penelitian ini, teknis analisis data yang digunakan adalah structural equation modelling berbasis partial least square untuk menjawab rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh POS terhadap performance melalui affective commitment sebagai mediasi perantara. Penelitian ini melibatkan 32 karyawan Pizza Hut Raya Kupang Indah Surabaya. Hasil penelitian ini adalah perceived organizational support berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap affective commitment dan performance, namun affective commitment berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap performance.

Keywords


Perceived Organizational Support , Affective Commitment, dan Performance

Full Text:

PDF

References


Meyer, J. & Allen, N. (1984). Testing the “Side-Bet Theory” of Organizational Commitment: Some Methodological Consideration. Journal of Applied Psycology. Vol. 69. PP 372-378.

Meyer, J. P., Paunonen, S. V., Gellatly, I. R., Guffin, R. D., & Jackson, D. N. (1989). Organizational commitment and job performance: It’s the nature of the commitment that counts. Journal of Applied Psychology. Vol. 74. PP 152-156.

Meyer, J. and Allen, N.(1997). Commitment in the Workplace. London, Sage.

Reid, R., & Bojanic, D. (2001). Hospitality Marketing Management (3rd ed.). USA: John Willey & Sons, Inc.

Rhoades, L. & Eisenberger, R. (2002). Perceived Organizational Support: A Review of the Literature. Journal of Applied Psychology, 87(4): 698-714.

Rhoades, L., Eisenberger, R., & Armeli, S. (2001). Affective commitment to the organization: The contribution of perceived organizational support. Journal of Applied Psychology, 86, 825–836.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.