ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, PROMOSI, LOKASI) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA GUEST HOUSE DI SURABAYA

Jane Andoko(1*), Prita Devina(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli calon konsumen pada guest house di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, teknik analisis frekuensi, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi minat beli calon konsumen pada guest house di Surabaya adalah faktor promosi dan lokasi yang berpengaruh positif dan signifikan.


Keywords


Marketing mix, minat beli, guest house

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2014). Jumlah akomodasi, kamar, dan tempat tidur menurut provinsi, 2000-2001. Retrieved February 19, 2015, from http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=2&tabel=1&daftar=1&id_subyek=16&notab=25

Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta : Prenada Media Group.

Cooper, D.R. & Schindler, P.S. (2006). Business research methods. New York : McGraw-Hill International.

Dittmer, P.R. (2002). Dimensions of the hospitality industry (3rd ed.). New York : John Wiley & Sons, Inc.

Djaali, & Muljono, P. (2007). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

---. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19 (5th ed.). Semarang : Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R. (2008). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung : Alfabeta.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Boston : Pearson.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2006). Marketing management (12th ed). Saddle River : Pearson Education, Inc.

Malhotra, N.K. (2010). Marketing research : An applied orientation. USA : Prentice Hall.

Mandasari, K. (2011). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam memilih jasa perhotelan (Studi kasus pada Hotel GRASIA Semarang). Unpublished undergraduate thesis. Universitas Diponegoro, Semarang.

Nugroho, B.A. (2005). Strategi jitu memilih metode statistik penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Andi.

Powers, T. & Barrows, C.W. (2003). Introduction to management in the hospitality industry (7th ed.). New York : John Wiley & Sons, Inc.

Prospek bisnis di Indonesia nomor satu dunia. (2012, July 31). Retrieved March 26, 2014, from Berita Satu : http://www.beritasatu.com/destinasi/63352-prospek-bisnis-hotel-di-indonesia-nomor-satu-dunia.html

Sarwono, J. (2005) Teori dan praktik riset pemasaran dengan SPSS. Yogyakarta : Andi Offset.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2004). Perilaku konsumen (7th ed.). Jakarta : Indeks.

Sudarmanto, G. (2005). Analisis regresi linear ganda dengan SPSS. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2009). Services marketing: Integrating customer focus across the firm (5th ed). New York : McGraw-Hill, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.