HARAPAN DAN PERSEPSI KONSUMEN PADA PENERAPAN KEAMANAN PANGAN DI RESTORAN JAMOO HOTEL SHANGRI-LA SURABAYA

Dionisia Devi Herfangsyah(1*), Danica Wahyudi Handoko(2), Hanjaya Siaputra(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui harapan dan persepsi konsumen pada penerapan keamanan pangan di Restoran Jamoo Hotel Shangri-La Surabaya. Hotel Shangri-La menjalankan sistem keamanan pangan sesuai dengan Shangri-La Food Safety Management System untuk memenuhi harapan dan meningkatkan kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik analisa nilai rata-rata dan kesenjangan jasa, indeks kepuasan konsumen, dan analisis kuadran untuk mendeskripsikan harapan dan persepsi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan konsumen puas terhadap penerapan keamanan pangan di restoran Jamoo Hotel Shangri-La Surabaya, namun tidak semua indikator bernilai positif pada penilaian kepuasan terhadap persepsi yang ada.

Keywords


Harapan Konsumen, Persepsi Konsumen, Keamanan Pangan, Restoran Jamoo, Shangri-La Surabaya, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2014). Pertumbuhan ekonomi jawa timur. Retrieved March 9, 2015, from http://jatim.bps.go.id/website_baru/admin/brs_ind/brsInd-20141201094822.pdf

Indrietta, N. (2009). Orang Indonesia suka jajan di luar. Retrieved March 10, 2015, from http://www.tempo.co/read/news/2009/04/03/090168231/Orang-Indonesia-Suka-Jajan-di-Luar

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing edition (13th ed.). Upper Saddle River: Prentice Hall.

McSwane, D., Rue, N. R., Linton, R., & William, A. G. (2004). Essentials of food safety and sanitation: Food safety fundamentals (3rd ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

National Environmental Agency. (2014). Shangri-La hotel's Success with food safety. Retrieved March 9, 2015, from http://www.nea.gov.sg/docs/default-sourcehttp://www.nea.gov.sg/docs/default-source/public-health/food-hygiene/nea-food-hygiene-newsletter_issue-1.pdf?sfvrsn=0/public-health/food-hygiene/nea-food-hygiene-newsletter_issue-1.pdf?sfvrsn=0

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer behavior (9th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Shiring, S. B., Jardine, R. W., & Mills, R. J. (2001). Introduction to catering: Ingredients to success. Retrieved March 20, 2015, from https://books.google.co.id/books?id=k4QsU130gjsC&pg=PA249&dq=buffet+service&hl=en&sa=X&ei=BOQHVbzPAY

Sulastiyono, A. (2011). Manajemen penyelenggaraan hotel. Bandung: Alfabeta.

Syah, D. (2005). Manfaat dan bahaya bahan tambahan pangan. Bogor: Himpunan Alumni Fakultas Teknologi Pertanian ITB.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2004). Service, quality, and satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Service marketing: Integrating customer focus across the firm (5th ed.). New York: McGraw Hill International.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.