KEPUASAN KERJA KARYAWAN GOGO CAFÉ DI HOTEL OVAL SURABAYA

Mar'atus Sholeha(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepuasan kerja memainkan peran yang sangat penting dalam perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kepuasan kerja karyawan Gogo Cafe Hotel Oval Surabaya berdasarkan, jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, masa kerja dan gaji. Pengukuran tingkat kepuasan kerja dilakukan berdasarkan 4 aspek, psikologi, sosial, fisik dan finansial. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan kerja dan crosstabs untuk menyajikan analisa lengkap mengenai kepuasan kerja karyawan Gogo Cafe Hotel Oval Surabaya. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan kerja paling tinggi dimiliki oleh karyawan berjenis kelamin pria, kelompok usia lebih dari 25 tahun hingga 40 tahun, pendidikan dibawah SMP, masa kerja lebih dari 5 tahun hingga10 tahun dan gaji di atas 3,5 juta rupiah.


Keywords


Kepuasan Kerja, Jenis Kelamin, Usia, Pendidikan, Masa Kerja dan Gaji.

Full Text:

PDF

References


Arifin, B.S. (2009). Pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bank Mandiri Persero Tbk cabang Padang Muara. Retrieved October, 2014 from http://www.academia.edu/

Al-Zoubi, M.T. (2012). The shape of the relationship between salary and job satisfaction: A field study. Far East Journal of Psychology and Business. 7 (3).

As’ad, M. (2004). Psikologi industri, seri umum: Sumber daya manusia.(4th ed.). Yogyakarta: Liberty.

Branham, L. (2005). The 7 hidden reasons employees leave: How to recognize the subtle signs and act before it’s too late. New York: Amacom.

Bender, K dan Heywood, J. (2006). Job satisfaction of the highly educated: The role of gender, academic tenure, and comparison income. Scottish Journal of Political Economy. 53 (2), 253 – 79.

Gazioglu, S., Tansel, A. (2006). Job satisfaction in Britain: Individual and job related factors. Applied Economics. 38 (10). 1163-1171.

Jewell, L.N. dan Siegall, M. (1990). Contemporary industrial organizational psychology/organizational psychology. (2nd ed.) . USA: West Group.

Jones, R. dan Sloane, P. (2007). Low pay, higher pay and job satosfaction in Wales. Spatial Economics Analysis. 2 (2), 197-214.

Kardam, B.L. dan Rangnekar, S. (2012). Job satisfaction: Investigating the role of experience and education. Journal of Arts, Science & Commerce. 3 (4), 621-874.

Lestari, I. dan Bachtiar, M. (2007). Perbedaan masa kerja ditinjau dari masa kerja. Naskah Publikasi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Mesh’al, M. (2001). Education, job satisfaction and gender in Kuwait. The International Journal of Human Resources Management. 12 (2), 311-332.

Oshagbemi, T. (2000). Correlates of pay satisfaction in higher education. International Journal of Educational Management. 14 (1), 31-39.

Robbins, S.P. (2007). The truth about managing people. (2nd ed.). USA, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.