ANALISA PENGEMBANGAN STRATEGI EMOTIONAL BRANDING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN GARUDA INDONESIA AIRLINES

Ria Devina(1*), Fransisca Andreani(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan strategi dari emotional branding terhadap loyalitas konsumen Garuda Indonesia di Jakarta, Surabaya, dan Bali berdasarkan empat konsep dasar emotional branding menurut Gobe yaitu hubungan, pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pemilihan subyek dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen loyal Garuda Indonesia yang telah menggunakan layanan jasa Garuda Indonesia dalam satu tahun terakhir sebanyak minimal dua kali.

Metode penelitian survei dengan menggunakan analisa regresi linear berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan pengalaman pancaindera, imajinasi, dan visi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen sedangkan hubungan berpengaruh secara tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


Emotional Branding, Loyalitas Konsumen, Hubungan, Pengalaman Pancaindera, Visi, Garuda Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Gobe, M. (2005). Emotional Branding: Paradigma baru untuk menghubungkan merek dengan pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Grisaffe, D.B., & Nguyen, H.P. (2011). Antecedents of emotional attachment to brands. Journal of Business Research 64 (10) : 1052-1059.

Kotler, P., & Keller, K. (2011). Marketing management global (14th ed). USA: Pearson Higher Education.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratna, & Pujiastuti, E.E. (2008). Membangun kepercayaan investor melalui Emotional Branding.Paradigma: Jurnal Masalah Sosial Politik & Kebijakan 12 (1):19-28.

Thomson, M., D.J. Macinnis, & C.W. Park (2005). The ties that bind: Measuring the strenght of consumers’ emotional attachments to brands. Journal of Consumer Psychology, 15(1) : 77-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.