Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional di Dream of Kahyangan Art Resto

Hans Kevin Handoko(1*), Livia Jennie(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah gaya kepemmimpinan mempengaruhi kepuasan kerja dan komitmen organisasional di Dream of Kahyangan Art Resto. Populasi yang digunakan adalah karyawan bagian kitchen dan service sebanyak 50 orang dan menggunakan total sampling. Pengujian dilakukan dengan menggunakan softwarenPLS. Uji yang dilakukan adalah evaluasi inner model dan uji t untuk menjawab hipotesis yang ada. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu : (1) Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja (2) Kepuasan kerja berpengaruh positif  dan signifikan terhadap komitmen organisasional.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi

Full Text:

PDF

References


Ali, M.. (2005). Analisis pengaruh variabel kepemimpinan terhadap kinerja pegawai koperasi unit desa (kud) di Kabupaten Sorong. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 9, (2), Surabaya.

Boone & Kurtz. (2007). Contemporary business. Jakarta: Salemba Empat.

Effendi, T. N. (September, 1995). Pengembangan dan transformasi sumber daya manusia. Majalah Geografi Indonesia, 1-11.

George, J. M. dan Jones, G. R. (2005). Understanding and managing. organizational behavior. New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Goddess, Divie, D. dan Sukirno. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan, tugas kompleksitas, waktu dan organisasi komitmen terhadap kepuasan kerja auditor di yogyakarta. Jurnal Nominal, 2 (2), 117-134.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Locke, E. A. (1997). Esensi kepemimpinan (Aris Ananda, Trans.), Jakarta : Spektrum.

Luthans, F. (2002). Performance and motivation. New York : Prentice Hall.

Luthans, F. (2008). Organizational behavior (11th ed.) The McGraw-Hill Companies, Inc. Boston.

Mathis. (2004). Manajemen sumber daya manusia. (1st ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, M. (1983). Metode penelitian. Balai Aksara : Jakarta.

Poznanski, P. J., and Bline, D. M. (2006). Using structural equation modeling to investigate the causal ordering of job satisfaction and organizational commitment among staff accountants. Behaviorial Research of Accounting, 9 (1).

Sutikno, R. B. (2007). The power of empathy in leadership. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syafar, A. W. (2000). Dimensi budaya kerja dan implikasinya terhadap

gaya kepemimpinan kasus indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 4 (2).

Timmreck, T, C. (September, 2001). California State University San Bernardino, California, Managing, Motivation and Developing Job Satisfaction in The Health Care Work Environment. The Health Care Manager, 20 (1), 42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.