ANALISA PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN MELALUI PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI RESTORAN DE BOLIVA SURABAYA

Giovani Gutama, Meliana Christianti Hermanto, Thomas Stefanus Kaihatu, Endo Wijaya Kartika

Abstract


Penelitian ini ditunjukan untuk menguji Analisa Pengaruh Leader-member Exchange (LMX) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan melalui Perceived Organizational Support (POS) Sebagai Variabel Mediasi di Restoran De Boliva Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh responden. Metode Partial Least Square (PLS) digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan LMX berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan, LMX berpengaruh positif dan signifikan terhadap POS, dan POS berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan.


Keywords


Leader-member Exchange (LMX), Perceived Organizational Support (POS), Kepuasan Kerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


Eisenberger, R., Huntington, R., Hutchison, S., & Sowa, D. (2002). Perceived organizational support. Journal of Applied Psychology, 71(3), 500–507.

Julio., & Dewi, S. C. (2013). Analisa pengaruh leader-member exchange, perceived organizational support terhadap kepuasan kerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel mediator di hotel tarakan plaza. (TA No 33010362/ MAN/ 2013). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Kartika, E. W. (2011). Analisis pengaruh leader-member exchange, perceived organizational support, dan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan hotel berbintang lima di Surabaya. Unpublished master thesis, Universitas Airlangga, Surabaya.

Kartika, E. W., & Kaihatu, T. S. (2010). Analisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja: Studi kasus pada karyawan restoran di pakuwon food festival Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 100-112.

Liden, C. R., & Maslyn, J. M. (1998). Multidimensional fifty of leader-member exchange: An empirical assessment through scale development. Journal of Management, 24(1), 43-72.

Luthans, F. (2006). Organizational behavior (11th ed.). New York: McGraw-Hill.

Paille, P., Bourdeau, L., & Galois, I. (2010). Support, trust, satisfaction, intent to leave and citizenship at organizational level: A social exchange approach. International Journal of Organizational Analysis, 18(1), 41-58.

Pillai, R. S. N., & Bagavathi. (2003). Office management. New Delhi: S. Chand & Company Ltd.

Sanders, K., Moorkamp, M., Torka, N., Groenveld, S., & Groenveld, C. (2010). The role of lmx and satisfaction with hr practices. Journal of Technology and Investment, 1(1), 9-10.

Shore, L. M., & Tetrick, L. E. (1991). A construct validity study of the survey of perceived organizational support. Journal of Applied Psychology, 76(5), 637–643.

Spector, P. E. (2006). Industrial / organizational Psychology: Research and practice (4th ed.). New York: John Wiley.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.