PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MULTI KONSEP RESTORAN 1914 SURABAYA

Wendy Calvindo(1*), Agustinus Nugroho(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Semakin tingginya tingkat pertumbuhan usaha food service menyebabkan mulai bermunculannya restoran-restoran baru yang mengangkat konsep dan tema tertentu guna menarik minat pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi dan bukti fisik) terhadap minat beli konsumen pada Restoran 1914 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pengaruh yang tidak signifikan pada bauran pemasaran produk, sedangkan bauran pemasaran harga, tempat, promosi dan bukti fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Bauran pemasaran tempat berpengaruh dominan terhadap minat beli konsumen pada Restoran 1914 Surabaya.


Keywords


Produk, Harga, Tempat, Promosi, Bukti Fisik, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. (2002). Manajemen bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assael, H. (2001), Consumer behavior and marketing action, 6th Edition, New York

Belch, G., & Belch, M. A. (2004). Advertising and promotion. (internatonal ed.). New Jersey: Prentice Hall,Inc.

Clow, K. E., & Baack, D. (2007). Integrated advertising, promotion, and marketing communications. USA: Pearson.

Ghozali, I. (2002). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. (2nd ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J.F.Jr., Anderson, R.E., Tatham, R.L., & Black, W.C. (1998). Multivariate data analysis (5th ed. Intl.ed). Prentice Hall Intl., Inc : Upper Saddle River

Hurriyati, R. (2008). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Indonesia. Pariwisata Surabaya. (n.d.). Grafik jumlah restoran di surabaya berdasarkan jenis makanan di tahun 2012. Retrieved September 7, 2014, from http://pariwisatasurabaya.com/statistik/grafik-jumlah-restoran- di-surabaya-berdasarkan-jenis-makanan-di-tahun-2012-graph-numbers-of- restaurants-in-surabaya-based-on-type-of-food-in-surabaya-in-2012/

Kotler, P. (2007). Manajemen pemasaran edisi millenium jilid 1. 11 ed. Jakarta: PT. Gramedi Pustaka Utama.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2005). Principles of marketing. (11th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th ed). New Jersey:

Pearson Education Ltd.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi: Bagaimana meneliti dan menulis tesis. Jakarta: Erlangga.

Malhotra. N. K.(2005). Riset pemasaran: Pendekatan terapan (jilid 1). Jakarta: PT. Indeks.

Middleton, V.T.C., & Clarke, J. (2001). Marketing in travel and tourism. (3rd ed.).Butterworth-Heinemann.

Ninemeier, J.D., & Hayes, D.K. (2006). Restaurant operation management principlas and practice. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Payne, A. (2000). The essence of service marketing. USA: McGraw Hill.

Sastradipoera, K. (2003). Manajemen marketing. Bandung: Kappa Sigma Bandung.

Schiffman, L., & Kanuk, J. (2010). Consumer behavior (10th ed). New Jersey: Pearson Education International.

Semenik. (2002). Promotion integrated marketing comunication. Canada: Thomson Learning.

Setiadi, N.J. (2005). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Cempaka.

Setiono, S., & Suwandi, I.Y. (2011). Analisa persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran De' Brontos's coffee house Surabaya dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Retrieved October 10,2014, from Universitas Kristen Petra, Digital Collection Web site :http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_ detail.php?knokat=19974

Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian bisnis (11th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sutojo, S. (2009). Manajemen pemasaran. PT. Damar Mulia Pustaka: Jakarta.

Timpe, A.D. (2004). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Travel Industry Dictionary. (2014). Retrieved September 7, 2014, from

http://www.travel-industry-dictionary.com/theme-restaurant.html

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Walker, J.R., & Lundberg, D.E. (2005). The Restaurant from concept to operation (4th ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.

Widiyanto , I. 2008. Pointers metodologi penelitian. Semarang : CV Dikalia.

Yoeti, O.A. (2004). Strategi pemasaran hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Zeithaml, V.A., & Bitner, M.J. (2003). Services marketing: Integrating customer focus across the firm. New York: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.