PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR DI RESTORAN X SURABAYA

Richard Gunawan Putra(1*), Maria Valentina Bastari(2), Endo Wijaya Kartika(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji analisa pengaruh Perceived Organizational Support terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variable mediator pada Restoran X. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik sensus dan penyebaran kuesioner kepada seluruh responden program SEM dengan metode PLS digunakan untuk menganalisis hasil dari penelitian. Dari hasil penelitian, didapati bahwa Perceived Organizational Support berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, Perceived Organizational Support berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention, dan kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention.


Keywords


Perceived Organizational Support, Kepuasan Kerja, Turnover Intention.

Full Text:

PDF

References


Allen, M. W., & Brady, R. M. (1997). Total quality management, organizational commitment, perceived organizational support, and intraorganizational communication. Management Communication Quarterly, 10(3), 316-341.

Andini, R. (2006). Analisis pengaruh kepuasan gaji, kepuasan kerja, komitmen organisasional terhadap turnover intention. Unpublished Master thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hasibuan, M. S. P. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T., & Hani. (2000). Manajemen sumber daya manusia (2nd ed.). Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi.

Harianto, D., & Subagio, H. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image, dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variable intervening konsumen Kedai Deja-vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1-8.

Julio, & Dewi, S. C. (2013). Analisa pengaruh leader-member exchange, perceived organizational support terhadap kepuasan kerja karyawan dengan motivasi kerja sebagai variable mediator di Hotel Tarakan Plaza. (TA No. 33010362/MAN/2013). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Kartika, E. W., & Kaihatu, T. S. (2010). Analisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja: Studi kasus pada karyawan restoran di pakuwon food festival Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 100-112.

Okello-Ouni, A. (2004). Organizational support and sales force turnover in the manufacturing industry: A study of selected companies in Kampala, Uganda. Unpublished M. Sc. Dissertation, Makerere University.

Rhoades, L., & Eisenberger, R. (2002). Perceived organizational support: A review of the literature. Journal of Applied Psychology, 87(4), 698-714.

Robbins, S. P. (2003). Organizational behavior. New Jersey: Pearson Education Inc.

Robbins, S. P. (2006). Organizational behavior. New Jersey: Pearson Education Inc.

Sia, T. H., Nugroho, A., Kartika, E. W., & Kaihatu, T. S. (2012). Komitmen afektif dalam organisasi yang dipengaruhi perceived organizational support dan kepuasan kerja. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), 109-117.

Simamora, H. (2006). Manajemen sumber daya manusia (3rd ed.). Yogyakarta: STIE YKPN.

Spector, P. E. (2000). Industrial and organizational psychology research and practice (2nd ed.). New York: John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjutju, Y. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.

Tumwesigye, G. (2010). The relationship between perceived organizational support and turnover intentions in a developing country: The mediating role of organisational commitment. African Journal of Business Management, 4(6), 942-952.

Witasari, L. (2009). Analisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap intention to quit. Unpublished Master thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.