FAKTOR-FAKTOR MENU KNOWLEDGE YANG MEMBENTUK CONSUMER BELIEFS PADA ITALIAN CUISINE DI SURABAYA

Shinta Purnamasari(1*), Luciana Chandra Boediarso(2), Edwin Japarianto(3), Monika Kristanti(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dari menu knowledge yang membentuk consumer beliefs pada Italian Cuisine di kalangan masyarakat Surabaya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menu knowledge yang terdiri atas product knowledge, purchase knowledge, dan consumption or usage knowledge membentuk consumer beliefs pada Italian Cuisine di kalangan masyarakat Surabaya, dengan product knowledge paling berpengaruh.


Keywords


Menu Knowledge, Product Knowledge, Purchase Knowledge, Consumption or Usage Knowledge, Consumer Beliefs, Italian Cuisine.

Full Text:

PDF

References


Beach, F. C. (2005). The Encyclopedia Americana: A Library of Universal Knowledge, Volume 11 (pp. 551-552). USA: Grolier Inc.

Bennion, M. & Scheule, B. (2004). Introductory Foods (12th ed.). USA: Pearson Prentice Hall.

Bian, X. (2008). “The Role of Product Involvement, Knowledge, and Perceptions in Explaining Consumer Purchase Behaviour of Counterfeits: Direct and Indirect Effects”. Research Memorandum 77. UK: Centre for Marketing, Communications and International Strategy Business School, University of Hull.

Blackwell, R., Miniard, P. & Engel, J. (2006). Consumer Behavior (10th ed.). USA: Thomson.

Emery, D. (2008, April). World’s best cuisines. Retrieved August 19, 2014, from http://www.hotelclub.com/blog/top-10-international-cuisine/.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrakusuma, J., & Chandra, J. (2010). Pengaruh Pengetahuan Korean Cuisine terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Korea di Kalangan Masyarakat Surabaya. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Kirana, Dapur. (2013). Citarasa asyik dapur masakan Italia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosenko, R. & Rahtz, D. (1988). Buyer Market Price Knowledge Influence on

Leonard, E. G. (2006). Culinary competation. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Mowen, J. C. & Minor, M. (2000). Consumer Behaviour. USA: Prentice Hall.

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2008). Consumer behaviour and marketing strategy (8th ed.). New York: McGraw-Hill.

Pratisto, A. (2004). Cara Mudah Mengatasi Masalah Statistic Dan Rancangan Percobaan Dengan SPSS 12. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.

Priyatno, Duwi. (2013). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20, Yogyakarta: Andi Offset

Sritua, A. (2006). Metodologi Penelitian Ekonomi. Jakarta: UI Press.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, & Purwanto. (2009). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Sukoco, A. (2013). “Regresi Linear” Retrieved August 12, 2014 from Universitas Narotama Surabaya. Website: http://agussukoco.dosen.narotama.ac.id/files/2013/03/Modul-Regresi-Linear-WEB.pdf

Zainudin, M. (2002). Metodologi Penelitian. Surabaya, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.