ANALISA MEAL EXPERIENCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI ULANG DI RESTORAN JEPANG DI SURABAYA

Clairine Nathania(1*), Catherine Tjandra(2), Monika Kristanti(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa perbedaan meal experience yang dialami oleh konsumen dari gender dan kelompok usia yang berbeda, serta apakah meal experience memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang di Restoran Jepang di Surabaya. Meal experience terdiri dari aspek makanan, minuman, pelayanan, kebersihan dan higienitas, suasana, serta harga dan nilai uang. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, One Way Anova, Independent Sample t-Test, serta regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, meal experience yang didapatkan konsumen di restoran Jepang Surabaya sudah baik. Selain itu, dalam meal experience yang dirasakan, tidak ada perbedaan signifikan antara pria dan wanita, akan tetapi terdapat perbedaan signifikan antar kelompok usia yang berbeda pada aspek minuman, pelayanan, kebersihan dan higienitas, serta harga dan nilai uang. Sementara itu, meal experience ternyata berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen, pada aspek makanan dan aspek pelayanan.


Keywords


Meal Experience, minat beli ulang, restoran Jepang.

Full Text:

PDF

References


Algifari. (2000). Analisis regresi: Teori, kasus, dan solusi (2nded.). Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, S. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bruni, F. (2008, October 7). Old gender roles with your dinner. The New York Times. Retrieved October 8, 2008, from www.nytimes.com.

Cooper, D.& Emory, W. (1996). Metode penelitian bisnis ( Ellen Gunawan & Imam Nurmawan, Trans.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Davis, B., et al. (2008). Food and beverage management(4th ed.). Butterworth Heinemann.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS (4th ed.). Semarang: BP UNDIP.

Hansen, K.V., Jensen,Q., Gustafsson, I. (2005). The meal experience of a la carte restaurant customers. Scandinavian Journal of Hospitality and Tourism, 5(2),135-151.

Hanefors, M. & Mossberg, L. (2003). Searching for the extraordinary meal experience. Journal of Business and Management, 9(3), 250-266.

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J.A. (2003). Customer repurchase intention: A general structural equation model. Journal of Marketing, 37(1), 11-12.

Hensley, S. (2000).Generations X and Y drive surge in ethnic cuisine. Retrieved September 20, 2004 fromhttp://www.restaurant.org/pressroom/pressrelease.cfm?ID=125.

Johns, N. & Kivela, J. (2001). Perceptions of the first time restaurant customer. Journal of Food Service Technology, 1(1),5-11.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2006). Principles of marketing(11th ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malhotra, N.K. (2004). Marketing research: An applied orientation (4th ed.). New Jersey: Pearson.

Marsellita, G. V., et al. (2008). Analisa perbandingan harapan dan persepsi pria dan wanita dalam memilih sebuah restoran di Surabaya ditinjau dari segi meal experience. Jurnal Manajemen Perhotelan, 4(1), 6-17.

Melisa. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen pada minimarket alfamart (cabang Garudamas Surakarta). Retrieved March 8, 2012, from http://etd.eprints.ums.ac.id/12097/1/BAB_I_Melisa.pdf.

Panthura, G. (2011).The 8th SMEs in a global economy conference 2011: “Rising to the global challenge: Entrepreneurship and SMEs development in Asia”. Retrieved April 20, 2012, from http://www.nkc.kku.ac.th/smesconference2011.

Sulaiman, W. (2004). Analisis-analisis regresi menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.