ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (e-WOM) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN DAN KAFE DI SURABAYA

Authors

  • Vina Ivana
  • Adelia Sari
  • Sienny Thio

Keywords:

Teman sebaya, orang tua dan keluarga besar, rasa tanggung jawab dan komitmen, minat, kompetensi, serta keterlibatan dalam bisnis keluarga.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Electronic Word-of-Mouth (e-WOM) dan Pengaruhnya terhadap Keputusan  Pembelian di Restoran dan Kafe di Surabaya. e-WOM telah menjadi fenomena yang sedang berkembang seturut dengan meningkatnya penggunaan situs jejaring sosial. Elemen-elemen yang terdapat pada e-WOM turut berperan dalam keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen di restoran dan kafe di Surabaya.Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal dengan metode regresi linier berganda. Hasil Penelitian menemukan bahwa variabel-variabel (intensity, valence of opinion, dan content) e-WOM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Armstrong,G & Kotler,P. (2005). Marketing an Introduction. Toronto: Prentice-Hall

Cooper, D. R. & Schindler, P. S. (2008). Business research methods ). New York: McGraw-Hill

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS.(4th ed).Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goldsmith,R.E & Horowitz,D.(2006). Measuring motivations for online opinion seeking, Journal of Interactive Advertising, 6(2), 3-14.

Goyette, I., Ricard,L.,Bergeron,J. & Marticotte, F (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context, Canadian Journal of Administrative Sciences,27(1),5-23.

Gruen,T.W., Osmonbekov,T.,Czaplewski,A.J (2006). eWOM: the impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty, Journal of Business Research,59(4),449-456.

Jiménez,F.R & Mendoza, N. A (2013). Too popular to ignore: The influence of online reviews on purchase intentions of search and experience products.Journal of Interactive Marketing,27(3),226-235.

Jones, B.(2010). Entrepreneurial marketing and the Web 2.0 interface,Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship,12(2), 143-152.

Kominfo (2013). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Retrieved February , 2014, from http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker#.Uygjr861JAN

Liu,Y.(2006). Word-of-mouth for movies: Its dynamics and impact on box office revenue, Journal of Marketing, 70(3), 74-89.

Santoso,S. (2001). Buku latihan SPSS statistic parametric.Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D ( Bandung : Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2014-07-11