ANALISA PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE, PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR DI HOTEL TARAKAN PLAZA

Julio Julio, Shylvana Cynthia Dewi, Endo Wijaya Kartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Leader-member Exchange, Perceived Organizational Support terhadap kepuasan kerja karyawan di Hotel Tarakan Plaza dengan motivasi kerja sebagai variabel mediator. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik sensus dan penyebaran kuesioner kepada seluruh responden. Program Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan Leader-member Exchange berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, Perceived Organizational Support berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, Leader-member Exchange berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, dan Perceived Organizational Support berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009).Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Astuti, A. D.(2012).Hubungan motivasi kerja dan iklim organisasi dengan

kepuasan kerja PNS di PPPPTK bidang otomotif dan elektronika Malang.

Dawley, D. (2010). Perceived organizational support and turnover intention: The

mediating of personal sacrifice and job fit. Journal of Social Psychology, 150(3), 57-238. Hasibuan, M. S. P. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Istijanto, M. M. (2005). Riset sumber daya manusia. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kartika, E. W., Kaihatu, T. S. (2010). Analisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja: Studi kasus pada karyawan restoran di pakuwon food festival Surabaya. Jurnal Managemen dan Kewirausahaan, 12(1), 100-112.

Leonard, K. (2002, August). Leader member exchange theory. Retrived Juni 16, 2011, from http://changingminds.org/explanations/theories/leader_member_exchange.html

Mardanov, I. (2007). Satisfaction with supervision and member job satisfaction in leader-member exchange: An empirical study in the restaurant industry . Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 12(3), 37-55..

Pillai , R.S.N., Bagavathi. (2003). Office management.New Delhi : S. Chand & Company Ltd.

Qammar, A., Khan, M. Z., Siddique, M. Impact of demographics on organizational support and employees motivation. Journal of Managerial Sciences, 1(2), 87-98.

Rhoades, L., Eisenberger, R. (2002).Perceived organizational support. Journal of Applied Psychology, 87 (4), 698–714.

Robbins, S. P. (2003).Organizational behavior. New Jersey : Pearson Education Inc. ---------------. (2007). Organizational behavior(10th ed.). New Jersey : Pearson

Education Inc.

Santoso, S., Fandy, T. (2001).Riset pemasaran : Konsep dan aplikasi dengan

SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Schneider, B., White, S. S. (2004). Service quality research perspective. California : Thousand Oaks.

Truckenbrodt, Y. B. (2000). Leader member exchange and commitment and organizational citizenship behavior. Acquistion Review Quarterly, 233-244. Retrieved September 22, 2012, from http://webharvest.gov/peth04/20041019050221/http://www.dau.mil/pubs/arq/200 0arq/truck.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.