SIKAP MASYARAKAT INDONESIA PADA BUDAYA POPULER KOREA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PREFERENSI MAKANAN KOREA MELALUI CITRA DESTINASI

Christina Virginia(1*), Anastasia Milenia(2), Regina Jokom(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Globalisasi menyebabkan menyebarnya budaya populer Korea hingga hampir ke seluruh dunia. Fenomena tersebut memunculkan sikap terhadap budaya populer Korea dan juga turut membuat makanan Korea menyebar hingga dikenal di seluruh belahan dunia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari sikap terhadap budaya populer Korea terhadap preferensi makanan Korea melalui citra destinasi Korea di Indonesia. Budaya populer Korea dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga elemen yaitu selebriti, drama, dan musik populer Korea. Penelitian dilakukan pada 165 responden di Indonesia dimana metode analisa data yang digunakan adalah Partial Least Square. Sikap terhadap selebriti Korea memiliki pengaruh yang paling signifikan dan positif diikuti dengan drama Korea, tetapi sikap terhadap musik populer Korea tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra destinasi Korea. Citra destinasi Korea juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap preferensi makanan Korea di Indonesia.

           

Kata kunci: Sikap; Selebriti Korea; Drama Korea; Musik Pop Korea; Preferensi; Makanan Korea; Citra Destinasi.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.